Economic Value Added and Market Value Added Analysis in Indonesian Telecomunication Services Listed in LQ-45 9A Case Study Of Indosat and Telekomunikasi Indonesia in 2006-2010)
JATININGRUM, ANNISA (Adv.: Mamduh Mahmadah Hanafi, Dr., M.B.A.), Mamduh Mahmadah Hanafi, Dr., M.B.A.
Penelitian ini meneliti pentingnya mengevaluasi perusahaan, untuk menginvestigasi performa finansial sebuah perusahaan dan untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan oleh pemberi dana perusahaan. Mengingat kembali tujuan manajemen finansial adalah untuk memaksimalkan kekayaan pemberi dana. Dengan memfokuskan terhadap bagaimana perusahaan menciptakan kekayaan dengan menggunakan modal yang tersedia, sehingga meningkatkan nilai bagi penanam modal.
Dengan menggunakan metrik performa, Economic Value Added, dan metrik kekayaan, Market Value Added, yang mengacu kepada model McKinsey & Company, Inc. peneliti akan menjelaskan kalkulasi yang detail sehubungan dengan kedua metrik tersebut. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah perusahaan telekomunikasi yang tercatat dalam LQ-45 dari tahun 2006 – 2010, yaitu Indosat dan Telekomunikasi Indonesia.
Hasilnya memperlihatkan bahwa Telekomunikasi menciptakan nilai EVA dan MVA yang positif. Dan perusahaan tersebut telah menciptakan nilai EVA yang lebih tinggi daripada Indosat pada tahun 2006 – 2010.
This research examines the importance of companyÂ’s valuation, to investigate the firmÂ’s financial performance and to collate the information that shareholders need. It comes to the point of financial management purpose, which is to maximize the shareholders value. By focusing on how the company create wealth with their capital, thus increasing the shareholders value.
Using the performance metric, Economic Value Added, and wealth metric, Market Value Added, based on McKinsey & Company, Inc. the writer will delineate a detail calculation towards those metric. The object of this research will be the Telecommunication Services listed in LQ-45 in 2006 – 2010, which are Indosat and Telekomunikasi Indonesia.
The result shows that Telekomunikasi Indonesia created positive value of economic value added and market value added. And the company accomplished higher value of economic profit than Indosat in 2006 – 2010.
Kata Kunci : Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), Telecommunication Service, LQ-45,