Laporkan Masalah

KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PEMBELIAN JERSEY SECARA ONLINE PADA KASKUS

Ismail, Ardiansyah Jombat (Adv.: B.M. Purwanto, Dr., M.B.A.), B.M. Purwanto, Dr., M.B.A.

2013 | Skripsi | S1 Management

Pada era globalisasi ini, banyak perusahaan atau produsen yang menggunakan sistem penjualan secara online melalui forum online untuk mempermudah dalam pemesanan barang yang ditawarkan. Selain itu, pembeli juga dapat melihat langsung gambar dan rincian barang tanpa harus datang ke tempat penjual. Kaskus merupakan forum online yang banyak dimanfaatkan oleh pihak perusahaan atau produsen untuk mendukung aktivitas penjualannya secara online karena Kaskus merupakan forum online terbesar di Indonesia.

Kepuasan pelanggan secara online terhadap pembelian produk jersey secara online pada Kaskus dilihat dari bagaimana pelanggan memberikan nilai yang dirasakan terhadap e-service quality yang diberikan dari Kaskus.

Dalam mengukur kepuasan pelanggan, penelitian ini menggunakan metode pengukuran dengan menyebarkan kuesioner yang berisi pertanyaan terkait yang disebarkan ke responden yang mempunyai karakteristik mahasiswa yang pernah melakukan pembelian jersey secara online di Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung.

Dari hasil penelitian ini, e-service quality terbukti mempengaruhi nilai yang dirasakan pelanggan dan juga mempengaruhi kepuasan pelanggan. Hal ini membuktikan bahwa e-service quality merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan atau produsen dalam melakukan strategi penjualan online.

In this era of globalization, many companies or manufacturers who use the system online sales through online forums to facilitate the ordering of goods on offer. In addition, buyers can also view pictures and details of the item immediately without having to come to the seller. Kaskus is an online forum that many used by the companies or manufacturers to support sales activities online because Kaskus is the largest online forum in Indonesia.

Customer satisfaction online to purchase products online jersey on Kaskus views of how to give customers the perceived value of the e-service quality provided from Kaskus.

In measuring customer satisfaction, this study used measurement method by distributing questionnaires containing questions related to the distribution to students the characteristics of respondents who have ever made a purchase online jersey in Yogyakarta, Jakarta and Bandung.

From the results, e-service quality proved influencing customer perceived value and customer satisfaction. It shows that e-service quality is an important aspect that must be considered by companies or producers in doing online sales strategy.

Kata Kunci : Customer satisfaction online, online sales strategy, e-service quality, penjualan secara online


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.