Laporkan Masalah

Analisis perilaku perpindahan konsumen pada jasa perbankan: studi pada perpindahan jasa perbankan konvensional ke perbankan umum syariah di Yogyakarta

IRAWAN, PAMUJI , Dr. Hargo Utomo, MBA

2009 | Skripsi | S1 Management

Penelitian ini mereplikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Gerrard dan Cunningham (2004) sebuah studi yang meneliti tentang faktor-faktor yang mendukung perilaku perpindahan jasa perbankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti kembali hasil yang sudah mereka temukan dengan mengidentifikasi lagi faktor-faktor yang mendukung perilaku perpindahan dan faktor pendukung yang paling dominan dikaitkan dengan perpindahan bank dari bank konvensional ke bank umum syariah di Yogyakarta. Variabel yang diujikan dalam spenelitian ini adalah: kegagalan jasa, penetapan harga, ketidaknyamanan, reputasi, promosi, perpindahan secara terpaksa, dan rekomendasi dari pihak lain.

Dengan menggunakan desain penelitian survey, ke tujuh faktor tersebut diukur dengan item-item pertanyaan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari kuesioner Prihati (2004) Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, dan metode analisis data dilakukan dengan analisis faktor menggunakan alat bantu SPSS 16.0 for Windows.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendukung perilaku perpindahan bank dari bank konvensional ke bank umum syariah di Yogyakarta adalah kegagalan jasa, reputasi, dan promosi dengan total variance explained sebesar 68,03% Sedangkan faktor yang paling dominan dalam penelitian ini adalah faktor reputasi.

Kata Kunci : Perilaku perpindahan bank, analisis faktor, bank syariah


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.