Kemitraan Usaha Kecil dengan Ritel Besar (studi kasus PT. Makro Indonesia)
INDRIYA, SOCA , Prof. Dr. Mudrajad Kuncoro
Usaha kecil dan ritel besar memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Tetapi dalam perkembangannya, usaha kecil sering mengalami permasalahan, dan yang paling sering dihadapi adalah masalah keterbatasan modal. Sehingga, kemitraan adalah bentuk yang paling menguntungkan baik untuk usaha kecil maupun untuk ritel besar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis kemitraan antara PT.Makro Indonesia dengan usaha kecil, dan seberapa besar hubungan kemitraan antara PT.Makro Indonesia dengan usaha kecil serta menganalisis kinerja PT.Makro Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode wawancara yang dilakukan terhadap 19 toko Makro.
Analisis data dilakukan dengan analisis value chain untuk menganalisis sejauh mana kemitraan PT.Makro Indonesia dengan usaha kecil dan menggunakan data panel dengan metode fixed effect model untuk menganalisis kinerja PT.Makro Indonesia. Penelitian ini mrnrmukan bahwa kinerja toko Makro yang bermitra lebih baik dibandingkan dengan yang belum bermitra.
Small industry and big retail play a very important role in the economy of Indonesia. But in its development, small industry encounters problems, and the most often is the lack of capital. So, partnership is the best way out for both small industry and big retail.
The purpose of this research is to analyze the type of partnership between PT.MAKRO Indonesia and small industry and how big the influence of partnership between PT.MAKRO Indonesia and small industry, and to analyze the performance of PT.MAKRO Indonesia. This Research using primary data and the method is by asking questions directly to Merchandise Manager/ Buyer of the 19 MAKRO stores.
The data will be analized by value chain analysis to analyze how far the partnership between PT.MAKRO Indonesia and small industry, and using panel data with fixed effect model method to analyze performance of PT.MAKRO Indonesia. In this research, the researcher found that MAKRO store performance which already in partnership is better than MAKRO store performance with no partnership.
Kata Kunci : usaha kecil, ritel besar, kemitraan