Laporkan Masalah

Pengaruh Karakteristik Toko dan Pelanggan Pada Loyalitas Pelanggan

HUMAIROH AL HAKIM (pembimbing: BM. Purwanto, Dr., M.B.A.), BM. Purwanto, Dr., M.B.A.

2010 | Skripsi | S1 Management

Pentingnya setiap pengecer mempertahankan loyalitas pelanggannya ditengah

persaingan usaha yang ketat dan penurunan jumlah penjualan setiap bulannya

merupakan latar belakang masalah dari penelitian ini. Tujuan dilakukannya penelitian

ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan,

yaitu; orientasi pelayanan, orientasi pelanggan, kualitas produk, keberagaman produk,

tekanan waktu ketika berbelanja, minat hubungan dengan toko, dan pengetahuan

tentang harga (Wong, A. & Alison D., 2009). Ukuran sampel yang digunakan adalah

150 pelanggan Butik Day or Night yang secara kebetulan ditemui sedang berbelanja

di Butik. Metode analisis data dengan analisis regresi linier berganda menunjukkan

bahwa hanya variabel orientasi pelanggan dan kualitas produk yang signifikan

mempengaruhi secara positif terhadap loyalitas pelanggan Butik Day or Night.

Resulting of a developing economy in Indonesia have created an extremely

competitive marketplace in retail industry. Because of the extremely competitive, the

retailers have to understanding customer loyalty to make their business success in

industry. The objective of this study is to analysis the effect of store and customer

characteristics to customer loyalty in retail context. The store and customer

characteristics are service orientation, customer orientation, quality of merchandise,

choice of merchandise, time pressure, relationship proneness, and price consciousness

(Wong, A. and Alison D., 2009). The sample consisted of 150 actual customer of Day

or Night Boutique. Multiple regression analysis showed that customer orientation and

quality of merchandise were the best predictors of customer loyalty in Day or Night

Boutique. A major implication of the findings is that managers can use the relevant

store characteristics to enhance the likelihood of their retail success.

Kata Kunci : Customer Loyality, Customer Characterictics, Customer Orientation, Persaingan Usaha, Loyalitas pelanggan, Kualitas produk


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.