Laporkan Masalah

Analisis Segmentasi Fashion Distro Yogyakarta

HIMAWAN, FRANSISKUS PRIMANTO (Pembimbing: Teguh Budiarto, Drs., M.I.M.), Teguh Budiarto, Drs., M.I.M.

2011 | Skripsi | S1 Extention - Management

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi segmen pasar fashion distro dan menentukan target pasar yang tepat untuk fashion distro di Yogyakarta. Segmentasi sendiri berarti membagi beberapa kelompok ke dalam suatu bagian yang dianggap potensial atau menguntungkan oleh pelaku pasar. Banyaknya fashion distro di Yogyakarta dirasa perlu untuk dibagi ke dalam beberapa kelompok agar tujuan dari para pelaku pasar dapat tepat sasaran. Variabel independen yang digunakan dalam menentukan segmen diantaranya kesadaran harga, kenikmatan berbelanja, motivasi,tekanan waktu dan keinovatifan. Variabel tersebut dapat digunakan untuk menentukan segmen yang tepat bagi suatu produk. Selain variabel itu terdapat juga variabel lain yang harus digunakan antara lain factor usia,jenis kelamin,status dan juga penghasilan. Sampel yang digunakan ada sekitar 100 responden yang terdiri dari beberapa konsumen atau responden yang menggunakan produk fashion distro.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor motivasi dan status sangat berpengaruh dalam penetapan segmen fashion distro di Yogyakarta. Untuk segmen yang terbentuk dalam penelitian fashion distro ini ada 2 yaitu segmen para pekerja dan segmen para pelajar atau mahasiswa. Sedangkan untuk target yang tepat dan sesuai untuk fashion distro di Yogyakarta yaitu segmen para pekerja karena mereka sudah mempunyai penghasilan sendiri sehingga bebas untuk berbelanja. Jadi dalam penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa segmen yang terbentuk dan sangat sesuai untuk dijadikan target market adalah segmen para pekerja dan faktor usia dan jenis kelamin tidak berpengaruh secara signifikan dalam pembentukan suatu segmen.

This research is aimed to identify the fashion distro market segments and determine the right market target for fashion distro in Yogyakarta. Segmentation it self means dividing a view group into section that considered potential or profitable by market participant. Number of fashion distro in Yogyakarta felt necessary to be divided into a view group with the purpose for market participant gets the right target. Variable Independent that used in determining the segment, view of them are price conscious, shopping enjoyments, motivations, time pressures and an innovative. Those variables can be used to determine the right segment for a product. Beside thats variable there is also another variable that must be use, they are age vector, gender, status, and also salary. The sample used about 100 respondents consisting of some consumers or respondents who use fashion distro product.

The result of this research showed up that the vector of motivation and status are very affected in setting the segment of fashion distro in Yogyakarta. For segment that formed in fashion distro research thera are 2 things, they are workers segment and students or collegers. While for the right and appropriate targets for the fashion distro segment in Yogyakarta, is the workers because they are already have their own income so ups free for shopping. So in this research gives conclusion that the segment formed and very suitable to be the markets target is the segment of the workers and the factors of age and gender do not affected significantly in the establishment of a segment.

Kata Kunci : Segmentation; cluster analysis; Internet; shopping behavior, innovation, sales, target market, Segmentasi; analisis cluster; internet; perilaku berbelanja; inovasi; penjualan, target pasar


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.