Laporkan Masalah

Analisis Pembentuk Kepercayaan Merek (Trust in Brand) terhadap Loyalitas Konsumen (Consumer Loyalty): studi pada berbagai merek handphone

Hillia, Findy, Drs. Teguh Budiarto, M.I.M

2007 | Skripsi | S1 Management

Mempercayai suatu merek merupakan suatu hal yang penting dan menjadi faktor penentu dalam pengembangan loyalitas merek. Merek dianggap lebih lazim dan lebih banyak menjadi objek loyal karena dianggap sebagai identitas produk atau perusahaan yang lebih mudah untuk dikenali oleh pelanggan. Loyalitas pelanggan sebenarnya berasal dari loyalitas merek yang mencerminkan loyalitas pelanggan pada merek tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand characteristics, company characteristics, dan consumer-brand characteristics terhadap pembentukan trust in brand. Serta pengaruh trust in brand terhadap brand loyalty. Desain penelitian ini merupakan Causal Study, yaitu suatu penelitian yang menjelaskan sebab dan akibat terjadinya suatu fenomena atau adanya pengaruh antara dua variable. Jenis data yang diperlukan yaitu data primer (survey) dan data sekunder (jurnal, buku-buku).Hipotesis penelitian ini Adanya pengaruh langsung yang signifikan dari brand characteristics, company characteristics, dan consumer-brand characteristics secara bersama-sama terhadap Trust In Brand pada konsumen merek suatu Handphone dan Adanya pengaruh langsung yang signifikan dari Trust In Brand terhadap brand loyalty. Pengujian validitas menggunakan Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Koefisien Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda. Temuan analisis mengungkapkan bahwa Trust In Brand dipengaruhi oleh variabel brand characteristics, company characteristics, dan consumer-brand characteristics secara bersama-sama, terutama pada variabel consumer-brand characteristics yang paling kuat atau mendominasi dalam mempengaruhi Trust In Brand.Serta adanya pengaruh yang signifikan dari Trust In Brand terhadap brand loyalty. Saran Penelitian yang akan datang juga dapat menguji model ini pada tipe produk durable lainnya, misalnya pada industri elektronik. Kata kunci : Kepercayaan, merek, loyalitas, produk Handphone

Trust in Brand is a crucial thing and become a mainly factor in consumer loyalty development. Brand is considered more usual and as a loyalty object because it is as an identity of product or firm which is easier to known by the consumers. Consumer loyalty is actually comes from brand loyalty which indicates consumer loyalty for certain brand. The goal of this research is to know about the influences of brand characteristics, company characteristics, and consumer-brand characteristics for making trust in brand. And the influence of trust in brand to brand loyalty. The design of this research is a Causal Study which explains about cause and effect of phenomenon or the influences between two variables. The sources is from survey ,journal and books. The hypothesis of this research is whether a significant directly influences of brand characteristics, company characteristics, and consumer-brand characteristics al together to Trust In Brand for consumer of certain brand of mobile phones. And a directly influence significant from Trust In Brand to brand loyalty.The examination of validity uses Pearson Product Moment and the examination of reliability uses Coefficients Cronbach Alpha. The examination of hypotheses uses simple linear regression and double linear regression. Research shows that Trust In Brand is influenced directly by brand characteristics, company characteristics, and consumer-brand characteristics altogether, mainly in consumer-brand characteristics variabels which domainly in Trust In Brand. Also a directly influence significant from Trust In Brand to brand loyalty. Keywords: Trust , Brand, Loyalty , Mobile phone products.

Kata Kunci : Kepercayaan Merek; Trust in Brand; Loyalitas Konsumen; Consumer Loyalty; Merek Handphone


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.