PENERAPAN STRATEGI DISRUPTIVE INNOVATION PT. BAKRIE TELECOM, TBK MENGHADAPI KOMPETISI BISNIS OPERATOR TELEKOMUNIKASI
Herprabowo, Sigit, Fahmi Radhi, M.B.A.
2007 | Tesis | S2 Magister ManagementPenulisan thesis ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan strategi Disruptive Innovation dalam menghadapi kompetisi bisnis seluler dan juga Key Success Factor yang dimiliki dalam menciptakan competitive advantage atas strategi tersebut kemudian menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang perusahaan dalam menghadapi kompetisi bisnis seluler. Metode analisis yang digunakan dalam tesis ini adalah analisis eksternal-internal perusahaan, analisis SWOT. Karakteristik perusahaan di dalam tesis ini berupa besarnya pasar dan pertumbuhan industri telekomunikasi bergerak, cakupan daya saing pesaing yang makin luas. Sedangkan dari analisis 5-Forces Porter, didapat kesimpulan berupa tingginya tingkat persaingan dalam industri, ancaman perusahaan pesaing mulai kuat, kekuatan pemasok yang rendah, daya tawar konsumen yang kuat dan ketersediaan produk subsitusi rendah. Sedangkan Key success factor dalam penulisan tesis ini adalah: pemimpin inovasi yang berkelanjutan, edukasi pasar, fokus terhadap pelanggan, model bisnis yang menguntungkan kedua belah pihak dan mempunyai saluran distribusi yang luas. Semua data diatas diolah menjadi matriks SWOT. Saran dari hasil analisis adalah perusahaan tetap melanjutkan strategi disruptive innovation namun juga harus mengindahkan kualitas pelayanan dan jaringan, mempertahankan prinsip budget operator dan juga diperlukan reposisi bisnis menjadi total solution provider. Kata kunci : disruptive innovation, key success factors, competitive advantage, analisis SWOT,budget operator.
This paper is written to evaluate the effectiveness of disruptive innovation strategy that Bakrie Telecom made to enrty and facing the competition, analyze key success factor and also the streghtness and weakness. Analytical method was used in this paper is external analysis, internal analysis and SWOT analysis. Industrial characteristic that was found in this paper are: dominant market share and growth of cellular industry. Meanwhile from 5-forces Porter, we found that company facing high competion rate, high bargaining power of buyer, weak pressure from other operators, weak competitive force of substitutes products and supplier. Key success Factors from this business are market education, competitive tariff, win-win business models among strategic partners and wide distribution channel. The suggestion are keep go a head with disruptive innovation on the market with also maintain the market share in which the keep quality of service, quality of network and keep principal as known budget operator. As reposition business is needed to face the future trend in total solution provider. Key words: disruptive innovation, key success factors, competitive advantage, SWOT analyze, budget operator.
Kata Kunci : disruptive innovation, key success factors, competitive advantage, analisis SWOT,budget operator