Laporkan Masalah

Analisis Strategi Marketing PT. Grand Hotel Sahid Jaya Jakarta

HERDIANTI, INDRIASARI (Adv.: John Suprihanto, Dr., M.I.M.), John Suprihanto, Dr., M.I.M.

2014 | Tesis | S2 Magister Management

Berdasarkan data sales and marketing report Grand Sahid Jaya, Occupancy Grand Sahid jaya pada april 2011 mengalami penurunan sebesar 5, 90 persen dibandingkan dengan april 2010, sementara menurut data BPS terjadi kenaikan jumlah wisatawan asing. Dibandingkan dengan kompetitornya occupancy Grand Sahid Jaya hotel juga masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. GRAND SAHID JAYA JAKARTA dari identifikasi lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan. Tehnik pengumpulan data yang di pakai berupa wawancara, studi Literatur dan studi dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah SWOT analysis dengan diberi pembobotan yang sesuai dengan karakteristik bisnis hotel

Hasil penelitian pada pembobotan SWOT, Hotel Grand Sahid Jaya memiliki kekuatan faktor internal strategis berbobot 1,195 dan kekuatan faktor eksternal strategis berbobot 0.8. Nilai yang positif ini menunjukkan bahwa Hotel Grand Sahid Jaya masih memiliki kekuatan yang dapat digunakan untuk menutupi kelemahannya.

Based on Sales and Marketing reports, the occupancy of Grand Sahid Jaya in April 2011 decreased by 5,90 percent compared with April 2010. While according to BPS data thereÂ’s an increased number of foreign tourist. Compared with competitors such as intercontinental, Sari Pan, Le Meredien and Sultan, The occupancy of Grand Sahid Jaya is lower.

The purpose of this study is to analyze and evaluate marketing strategies of Grand Sahid Jaya from the external and internal environment of the company. The technique which used in this study are literature studies, interview and documentation studies. Type of study is qualitative descriptive. The method of analysis that been used is SWOT analysis with an appropriate weighting given to the characters of the hotel business. The result on IFAS table show Sahid Jaya have 1.195 and the result on EFAS show 0.8 which means this positive value indicates that the Hotel still have the power that can be used to cover up weaknesses

Kata Kunci : Analisis SWOT, Analisis eksternal dan internal hotel sahid jaya


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.