Laporkan Masalah

Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Lipstik Dalam Negeri : Studi Kasus Di Perguruan Tinggi Swasta Di Lingkungan Kopertis Wilayah V Yogyakarta

Hastuti (Pembimbing : Irawan, Drs., M.B.A.), Irawan, Drs., M.B.A.

2016 | Tesis | S2 Management

Lipstik sebagai produk kecantikan, secara umum telah menjadi bagian dalam kehidupan wanita. Meskipun produk ini bukan kebutuhan pokok, tetapi penting bagi mereka. .Kaum wanita sebagai konsumen lipstik merupakan pasar yangcukup potensial. Karena itu perlu dikaji tentang persepsi, motivasi dan perilaku beli mereka agar dapat terungkap apa yang dibutuhkan dan diinginkan. Pemahaman mengenai hal ini adalah penting bagi pemasar karena dapat digunakan sebagai dasar penyusunan strategi pemasaran yang efektif.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara persepsi masyarakat terhadap produk lipstik dalam negeri dengan perilaku dalam pembelian lipstik. Kemudian juga ingin mengetahui apakah ada perbedaan persepsi, motivasi dan perilaku dari masyarakat/kelompok konsumen yang mempunyai karakteristik berbeda.


Dengan berlandaskan pada teori konsep pemasaran, penulis menduga akan terdapat korelasi yang positip antara persepsi dan perilaku. Selain itu penulis juga menduga akan terdapat perbedaan persepsi, motivasi (alasan membeli) dan perilaku beli dari kelompok konsumen•Yang mempunyai karakteristik berbeda.


Subyek penelitian ini terdiri dari 3 kelompok yaitu dosen wanita, istri dosen dan mahasiswi dari Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis Wilayah V yang berorientasi "ekonomi" di mana dosen tersebut berstatus sebagai dosen negeri DPK (dipekerjakan pada perguruan tinggi swasta). Masing-masing kelompok'terdiri• dari 40 responden. Pengumpulan data dari responden dilakukan dengan metode angket.


Teknik analisis untuk uji hipotesis digunakan analysis rank corelation Spearman, one way analysis of variance dan chi square analysis. Hasil penelitian membuktikan:(1) Adanya korelasi yang positip dan signifikan antara persepsi terhadap produk lipstik dalam negeri dan perilaku beli, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan baik persepsi, alasan membeli (motivasi) maupun perilaku beli dari dosen wanita, istri dosen dan mahasiswi.


Dengan adanya perbedaan perilaku bell maka pada penetapan pasar sasaran, perlu diadakan segmentasi pasar. Kemudian perlu adanya strategi marketing

Lipstick as a beauty product has generally became a part of women life. Although the product is not primary needs , but this is very important for them. As Female consumer is potencial market for the product, therefore, it's very important to analyse about their perception, motivation, and buying behavior, so that can be known what their needs and willingness. The information about that is very important for marketer because this can be used as the basic of making an effective marketing strategy.


This research was intended to examine the correlation between consumers perception of the domestic lipstick products and their behavior of buying the products. And then, to examine what is a different perception, motivation, and behavior of consumers who have different characteristic.


Base on the theory and concept of marketing, the researcher hypotetize that there is any correlation between perception and behavior. Beside that there is a different perception, motivation, and behavior among consumer groups which have different characteristic.


The subject research is divided into three groups. Each group consist of 40 female lecturers especially government lecturers attached to the privat universities, 40 wives of lecturers, and 40 students. All of the subject are from the privet universities especially economic, management, and accountancy departement, in KOPERTIS V area. The data on a questionaire were obtained from the subject.


Correlation analysis of Spearman, one way analysis of variance and chi square resulted in the following conclusion First, consumers perception of the domestic lipstic products and their buying behavior are significantly correlated. Second, the difference perception, motivation (reasoning for buying), and behavior of female lecturers, wives of lecturers and students is significant.


With respect to the different behavior among the three groups or characteristic of the subject, thus in making the target market needs established market segmentation . And then for each segment has to be done a different marketing mixed strategy for each segment.

Kata Kunci : Lipstik ; motivasi menggunakan lipstik ; produk kecantikan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.