Laporkan Masalah

Perumusan Strategi Bersaing Untuk Meningkatkan Keunggulan Persaingan Pada Internet Cafe: Studi Kasus Pada Platinum Internet Cafe Yogyakarta

HAPSOH, NENG TITOH SITI (Adv.: Sony Warsono, Dr., MAFIS., Ak.), Sony Warsono, Dr., MAFIS., Ak.

2015 | Tesis | S2 Magister Management

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari lingkungan eksternal (lima kekuatan Porter) dan internal tentang struktur pasar pada industri jasa internet caf di yogyakarta, dengan menganalisis industri jasa internet cafe melalui analisis SWOT, five forces, driving forces, competitive advantages, key success factor dan perumusan strategi bersaing yang cocok dalam menghadapi persaingan pada industri jasa internet cafe di masa yang akan datang.


Pemahaman mengenai hubungan antara lingkungan eksternal dan internal adalah kunci sukses dalam merumuskan strategi yang dibuat oleh para penyusun strategi. Diperoleh hasil bahwa industri jasa internet cafe berada pada industri yang tumbuh (Emerging Industry) dan strategi yang cocok dipakai oleh perusahaan yang bersaing sesuai adalah strategi diferensiasi.


Dari hasil analisis tersebut perusahaan dapat mengetahui posisinya di dalam persaingan serta apa yang akan diraih di masa yang akan datang. Untuk meraih keinginan tersebut perusahaan harus menentukan strategi yang dianggap paling tepat untuk diterapkan. Di dalam thesis ini penulis menawarkan strategi generik diferensiasi yang didukung dengan peningkatan kualitas layanan.



This research aims to study the external environment and the internal structure of the market in the internet cafe service industry in Yogyakarta, by analyzing the internet cafe services industry through a SWOT analysis, five forces, driving forces, competitive advantages, key success factors and the formulation of strategies competitive matches in the face of competition in service industries internet cafe in the future.


Understanding of the relationship between external and internal environment is the key to success in formulating a strategy created by the drafters of the strategy. The results indicate that the service industry internet cafe located in a growing industry and the matching strategy used by companies that compete according to the strategy of differentiation.


From the analysis of the company can know its position in the competition as well as what will be achieved in the foreseeable future. To achieve the companys desire should be considered to determine the most appropriate strategy to be applied. Within this thesis the author offers a generic strategy of differentiation is supported by the improved quality of service.

Kata Kunci : strategi bersaing, Lima kekuatan Porter, Competitive Strategy, Porter's five forces, SWOT analysis, driving forces, key success factor, Platinum Internet cafe


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.