Laporkan Masalah

The Influence Of Country Image and Product-Country Familiarity On Purchase Intention: A Multi-Country Survey

HAPSARI, ALIN RIONA (Adv.: Ahmad Jamli, Drs., M.A.), Ahmad Jamli, Drs., M.A.

2012 | Tesis | S2 Magister Management

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra negara dan familiaritas produk terhadap niat membeli pada konsumen sebagai variabel dependen. Sampel lintas negara dipilih dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jauh lagi mengenai bagaimana konsep negara asal (country-of-origin) diterapkan pada kategori produk yang berbeda-beda di berbagai negara. Negara-negara yang diteliti pada penelitian ini adalah Cina, Jerman, Indonesia, dan Amerika Serikat, sedangkan produk-produk yang diteliti adalah kopi, t-shirt, dan notebook. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner baik melalui media elektronik maupun secara langsung kepada 150 responden dari Australia, Austria, Meksiko, Korea Selatan, dan Belanda. Penelitian ini menggunakan convenience sampling. Sampel dibagi kedalam masing-masing 30 responden dari kelima negara yang berbeda-beda tersebut. Dengan melakukan analisis regresi berganda, ditemukan bahwa citra negara dan familiaritas produk mempengaruhi niat membeli konsumen secara berbeda-beda. Hal ini dikarenakan perbedaan latar belakang budaya yang dimilki para responden. Independent sample t-test menunjukkan bahwa niat membeli terhadap produk-produk Indonesia tidak dipengaruhi familiaritas produk namun dipengaruhi oleh citra negara. Ketika regresi berganda dilakukan secara terpisah untuk masing-masing kelompok negara responden, didapati bahwa niat membeli pada konsumen Australia sama sekali tidak dipengaruhi baik oleh citra negara maupun familiaritas produk. Sementara itu, niat membeli konsumen Belanda banyak dipengaruhi baik oleh citra negara dan familiaritas produk.

This research aims to examine country image and product country familiarity influence towards purchase intention as the dependent variable. A cross-national sample was set up in order to reveal a further understanding of how country-of-origin concept operates in various countries across different product categories. The countries surveyed are China, Germany, Indonesia, and The United States of America while the products surveyed are coffee, t-shirt, and notebook. The data was collected by both mail and personally administered surveys involving 150 respondents from Australia, Austria, Mexico, South Korea and The Netherlands. Convenience sampling was used in this research. The sample was broken down into each 30 respondents of five nationalities. By conducting multiple regression analysis, it was revealed that country image and product-country familiarity influence consumersÂ’ purchase intention differently among groups of respondents. This was due to the different cultural backgrounds among the respondents. Independent sample t-test shows that consumersÂ’ purchase intention towards Indonesian products was not influenced by product-country familiarity yet influenced by country image. When the multiple regression was broken down for each group of respondents, it was shown that AustralianÂ’s purchase intention towards different product categories neither influenced by country image nor product-country familiarity. Whereas DutchÂ’s purchase intention mostly influenced both by country image and product-country familiarity.

Kata Kunci : country of origin effects, country image, product familiarity, purchase intention, international business, efek negara asal, citra negara, familiaritas produk, niat membeli, bisnis internasional


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.