Pengujian model utaut pada penggunaan teknologi internet (studi pada guru sekolah menengah atas di kota Yogyakarta
GIYANT B.P, APRIYUANDA, Prof. Dr. Jogiyanto HM., MBA
Penelitian ini merupakan kajian mengenai faktor-faktor keperilakuan dalam Model UTAUT yang mempengaruhi niat penggunaan internet pada guru SMA di Kota Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita bahwa niat para guru SMA di Indonesia, khususnya di Kota Yogyakarta dalam menggunakan internet dalam kegiatannya sangat kurang karena program pelatihan kurang sesuai dengan kondisi psikologis dan perilaku para guru, oleh karena itu faktor-faktor keperilakuan dalam Model UTAUT diperkirakan mempengaruhi hal tersebut, sehingga perlu untuk diketahui agar proses pelatihan internet sesuai dengan kebutuhan para guru.
Model UTAUT merupakan model penelitian sistem informasi keperilakuan yang menggabungkan variabel-variabel dari penelitian sebelumnya sehingga membentuk 8 variabel yang diuji dalam penelitian ini, yaitu harapan terhadap kinerja, harapan terhadap usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, keyakinan diri, kecemasan dan sikap terhadap penggunaan teknologi dengan dimoderasi oleh usia dan pengalaman penggunaan internet.
Hasil yang diperoleh adalah sebanyak 5 hipotesis dari 8 hipotesis terdukung. Dari 5 hipotesis tersebut diketahui bahwa pada guru muda berpengalaman variabel yang berpengaruh adalah harapan terhadap kinerja dan keyakinan diri, sedangkan pada guru tua dan tidak berpengalaman adalah variabel harapan terhadap usaha, kondisi yang memfasilitas dan kecemasan. Serta variabel yang tidak terdukung adalah variabel pengaruh sosial, sikap terhadap penggunaan internet dan niat penggunaan internet.
Hal tersebut menunjukkan bahwa pelatihan internet yang sesuai dengan kebutuhan para guru cukup penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelatihan tersebut. Selain itu penyediaan sarana prasarana yang memadai serta pemberlakuan peraturan untuk mewajibkan para guru menggunakan internet dalam kegiatannya akan cukup efektif untuk menciptakan sikap positif para guru dalam menggunakan internet sehingga tercipta perilaku nyata untuk menggunakan internet
This research is a study about behavior factors in UTAUT Model that influencing intention of internet usage at senior high school teacher in Yogyakarta City. This research surrounded by reality that senior high school teacher intention in Indonesia, especially in Yogyakarta City on internet using at the activity is hardly less because of the training program is less as according to psychological condition and behavior of the teachers, therefore behavior factors in UTAUT Model is estimated to influences it, so that require to be known about the process training of internet as according to requirement of the teachers.
UTAUT Model is a research model of behavior information system that merging variables from other research and forms 8 variable that tested in this research, that is performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, self efficacy, anxiety and attitude toward technology usage with moderated by age and experience of internet usage.
Result obtained is counted 5 hypothesis from 8 hypothesis supported. From 5 of the hypothesis, it is known that at experienced young teachers variable are having effect on performance expectancy and self efficacy, while at unexperienced old teachers are effort expectancy, facilitating condition and anxiety. So variable that is not supported are social influence variable, attitude toward technology usage of internet and intention to internet usage.
Thus, it can indicates that training of internet which match with requirement of the teachers is important enough to increase the training efficiency and effectiveness. Besides supply of supporting facilities for adequate infrastructure and application of regulation to oblige the teachers applies internet in their activity would effective enough to create positive attitude of the teachers in using the internet, so it will be create a behavior to apply the internet
Kata Kunci : Model UTAUT, Teknologi internet, Guru SMA, Pelatihan efektif, Niat penggunaan internet