PENGARUH PERSEPSI TENTANG PENGGAMBARAN NEGATIF PERAN WANITA DALAM ADVERTISING TERHADAP IMAGE PERUSAHAAN DAN NIAT MEMBELI (STUDI KASUS PRODUK BISKUIT COKLAT TIM TAM
FEBRIANI, DEVITA , Dr. Indriyo Gitosudarmo, M.Com
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen tentang penggambaran negatif peran wanita dalam advertising (female role portrayals) terhadap image perusahaan (company image) dan juga terhadap niat membeli (purchase intention). Fokus penelitian ini yaitu iklan produk biskuit coklat TimTam yang ditayangkan di televisi nasional Indonesia. Penelitian dilakukan di daerah Yogyakarta dengan menyebarkan kuesioner pada responden mahasiswa Universitas Gadjah Mada sebanyak 131 orang yang terdiri dari 65 mahasiswa (pria) dan 66 mahasiswi (wanita). Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis berupa regresi linier sederhana.
Keterbatasan penelitian ini antara lain hasilnya tidak dapat digeneralisir karena penelitian ini berfokus pada satu macam iklan saja, yaitu iklan biskuit coklat TimTam, dan mengambil sampel data dari mahasiswa Universitas Gadjah Mada saja, oleh karena itu pada penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan jenis iklan, responden, dan dimensi penelitian yang lebih beragam.
The purpose of the study was to analyze the effect of consumers perception about female role portrayals in advertising towards company image and purchase intention. This study focused on advertisement that has promoted TimTam chocolate biscuit in national television in Indonesia. The study was conducted by the researcher in Yogyakarta area using questionnaire. The respondents were 131 students of Gadjah Mada University which consist of 65 male students and 66 female students. The sample data was analyzed using simple linear regression.
However, the results cannot be generalized because this study focused on one advertisement, that is TimTam chocolate biscuit advertisement. This study also has sample data only from the students of Gadjah Mada University. Therefore, future research related to this study should explore various kinds of advertisement, respondent, and dimension of the study.
Kata Kunci : iklan, female role portrayals, company image, purchase intention