Laporkan Masalah

Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Divisi layanan TI dan Sintesis Pada Fakultas ekonomika dan Bisnis UGM

FAJRI, FARIDIAH AGHADIATI (Adv.: Gunawan Wibisono, SE., M.Acc.), Gunawan Wibisono, SE., M.Acc.

2013 | Tesis | S2 Magister Accountancy

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh faktor kesuksesan divisi layanan TI dan Sintesis pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Penelitian ini mengembangkan model penelitian sebelumnya dengan menggabungkan konstruk level staff TI, lokasi layanan TI dan jenis layanan dari penelitian Guiterrez (2000) sebagai antaseden dari kualitas layanan dan kepuasan pengguna dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean diperbaharui (2003). Responden penelitian melibatkan 363 pemilik akun Sintesis di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Teknik pengujian menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 2.0.


Hasil uji empiris menunjukkan bahwa faktor kesuksesan divisi layanan TI meliputi level staff TI dan jenis layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas layanan. Sedangkan lokasi layanan TI tidak berpengaruh terhadap kualitas layanan dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian pada model kesuksesan DeLone dan McLean diperbaharui (2003) menunjukkan bahwa hanya kualitas sistem yang tidak terbukti berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.


Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi penting bagi organisasi untuk membangun divisi layanan TI. Keberadaan divisi layanan TI dengan staff yang memiliki kompetensi tinggi dan jumlah jenis layanan yang banyak mampu meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pengguna sehingga divisi layanan TI menjadi lebih efektif.

This study aims to examine empirically the influence of IT support division and Sintesis success factors in Economics and Business Faculty of Gajah Mada University. This study develops a research model from previous study by combining the IT staff level, location of IT division and variety of services from GuiterrezÂ’s (2000) as antacedents of the service quality and user satisfaction by using updated DeLone and McLean information system success model. Respondents of this research involving 363owner of Sintesis account in Economics and Business Faculty of Gajah Mada University. Testing technique using Partial Least Square (PLS) with SmartPLS 2.0 as an application tools.


Empirical test result indicate that success factor of IT support division that include IT staff level and variety of services have a positif effect to service quality. While for the location of IT division hasnÂ’t an effect to service quality and user satisfaction. The result in updated DeLone and McLean information system success model (2003) indicate that only the system quality doesnÂ’t has an effect to user satisfaction.


The result of this study may provide an important contributions to organization that provided by IT support division. The existence of IT support division with competence staff and variety number of services may increase the service quality that provides to the user so IT support division will be effective.

Kata Kunci : Divisi layanan TI, level staff TI, lokasi layanan TI, kesuksesan sistem informasi, model kesuksesan sistem informasi diperbaharui Delone dan McLean, kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, manfaat-manfaat ber


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.