Kepuasan konsumen dan integrasi komunitas merek sebagai pembentuk loyalitas pelanggan pada bisnis coffe shop di Yogyakarta
Faizal, Sari Winahjoe,Drs, MBA
2006 | Skripsi | S1 Accounting
Penelitian ini menguji pengaruh kepuasan konsumen dan integrasi komunitas merek terhadap loyalitas pelanggan pada bisnis coffee shop di Y ogyakarta. Penelitian ini dilakukan terhadap less experienced consumers dan more experienced consumers coffee shop yang berdomisili di Y ogyakarta, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 150 orang. Alat analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda serta rangkaian regresi yang direkomendasikan oleh Judd dan Kenny (1981) (dalam Baron dan Kenny, 1986). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada less experienced consumer namun pada more experienced consumer pengaruhnya tidak signifikan. Integrasi komunitas merek berpengaruh positif dan signifikan baik terhadap kepuasan konsumen maupun terhadap loyalitas pelanggan baik pada less maupun more experienced consumer dan berdasarkan hasil rangkaian regresi (berdasarkan rekomendasi Judd dan Kenny) yang telah dilakukan dapat di lihat bahwa kepuasan konsumen menjadi mediating variable bagi pengaruh integrasi komunitas merek terhadap loyalitas pelanggan pada less experienced consumer sedangkan pada more experienced consumer, variabel kepuasan pelanggan tidak menjadi mediating variable bagi pengaruh integrasi komunitas merek terhadap variabelloyalitas pelanggan.
-
Kata Kunci : loyalitas pelanggan,coffe shop,kepuasan konsumen