Evaluasi Strategi Bisnis Putri duyung Ancol: Transformasi Resort Hotel Menjadi Resort Bisnis
ESTETIKA, KRISTA (Adv.: Bambang Riyanto L.S., Dr., M.B.A.), Bambang Riyanto L.S., Dr., M.B.A.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengevaluasi strategi bisnis Putri Duyung Ancol, dengan melakukan analisis faktor kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang Putri Duyung Ancol. Selain itu penelitian ini juga untuk mengevaluasi strategi bisnis yang saat ini ada dan mencari strategi terbaik untuk meningkatkan kinerja Putri Duyung Ancol.
Metode yang digunakan merupakan analisis lingkungan eksternal dan internal. Analisis lingkungan eksternal meliputi analisis karakteristik industri, five forces, driving forces, strategic group map, dan key success factor untuk menentukan peluang dan ancaman yang akan timbul dalam industri hotel kelas menengah di Jakarta. Sedangkan analisis lingkungan internal meliputi analisis sisi pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan operasional untuk menentukan kekuatan dan kelemahan Putri Duyung Ancol. Dari dua analisis tersebut di atas akan dilakukan analisis SWOT sebagai dasar menentukan strategi terbaik yang dapat diambil oleh Putri Duyung Ancol.
Setelah analisis dilakukan, dapat disimpulkan bahwa langkah untuk berkembang ke arah resort bisnis sudah tepat, akan tetapi langkah penghematan untuk menekan biaya operasional dengan cara mengurangi fasilitas kurang tepat. Hal tersebut akan membuat Putri Duyung Ancol menjadi resort bisnis dengan harga dan fasilitas sekelas hotel bintang dua atau downgrade.
The purpose of this study was to evaluate the business strategy of Putri Duyung Ancol, by performing an analysis of strengths, weaknesses, threats, and opportunities of Putri Duyung Ancol. This research is also evaluate the business resort strategy that currently exist and seek alternative strategies to boost the performance of Putri Duyung Ancol.
The method that is used are the analysis of various external and internal factor. The external environment analysis includes analysis of industry characteristics, five forces, driving forces, strategic group map, and key success factors to determine the opportunities and threats that will arise in the middle class hotels industry in Jakarta. The internal environment analysis includes analysis of Putri Duyung Ancols marketing, finance, human resources, and operations to determine it is strengths and weaknesses. Both of those analysis above will be conducted to a SWOT analysis as a basis for determining the best strategies that can be taken by the Putri Duyung Ancol.
After the analysis is done, it can be concluded that Putri Duyung Ancols strategy to evolve toward the resort business is right, but cost saving to reduce operating costs by reducing the facility thats provided to travellers is not quite right, because it will make downgrade to Putri Duyung Ancols class. With potential that exists at Putri Duyung Ancol, it can change into exclusively business class resort, with the new new strategies.
Kata Kunci : Industri Hotel, Analisis Faktor Eksternal, Analisis Faktor Internal, Analisis SWOT, External Environment Analysis, Internal Environment Analysis.