Pengujian Antecedents dari Manfaat Persepsian, Kemudahan Penggunaan Persepsian, dan Risiko Persepsian dan Pengaruhnya Terhadap Intensi Individu dalam Menggunakan Fasilitas Internet Banking
Emasari, Vincencia Rininta, Prof. Dr. Jogiyanto HM., M.B.A.
2006 | Tesis | S2 ManagementIntensi merupakan variabel yang memiliki pengaruh kuat terhadap perilaku. Intensi tidak terbentuk begitu saja, melainkan dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Menurut technology acceptance model (TAM) manfaat persepsian dan kemudahan penggunaan persepsian merupakan antecedents dari intensi. Penelitian ini berfokus untuk menguji antecedents dari manfaat persepsian, kemudahan penggunaan persepsian dan risiko persepsian, serta menguji pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap intensi individu. Konteks penelitian ini adalah tentang internet banking. Internet banking merupakan hal yang menarik untuk diteliti, karena dengan kemudahan bertransaksi yang ditawarkan, pemakaian internet banking di Indonesia masih rendah. Penelitian ini mencoba menjelaskan fenomena ini dengan menggunakan technology acceptance model sebagai teori dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan membuat kuesioner berbentuk website. Jumlah jawaban kuesioner yang diujikan adalah sebanyak 102 buah. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji regresi tunggal dan regresi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dari 9 hipotesis yang diujikan, 8 hipotesis terbukti secara signifikan pada level 5%. Penelitian ini konsisten dengan technology acceptance model. Kata kunci: technology acceptance model, intensi, manfaat persepsian, kemudahan penggunaan persepsian, risiko persepsian.
Intention is the variable that has the most powerful influence towards behavior. Intention cannot be formed besides by the influence of certain factors. According to the technology acceptance model (TAM), perceived of usefulness and perceived ease of use are the antecedents of intention. The current research focuses on the test of perceived of usefulness, perceived ease of use, perceived of risk, and its influence towards intention. The context of this research comprises internet banking. Internet banking is an interesting topic to be investigated because the users of this bank service in Indonesia
are still on a low level. This research explores therefore this phenomenon with the technology acceptance model (TAM) as the basic theory. In order to collect the data, a survey was conducted throughout internet to the respondents. A special website was build consisting questionnaire of the research. 102 questionnaires were collected and fulfilled the requirements to be analyzed. A multiple regression and simple regression were employed to test 9 hypotheses. 8 hypotheses were found significantly supported at a level of 5%. The results of this research were consistent with the technology acceptance model. Keyword: technology acceptance model, intention, perceived of usefulness, perceived of ease of use, perceived of risk.
Kata Kunci : Persepsi Pengguna; Manfaat Persepsian; Kemudahan Penggunaan Persepsian; Penerimaan terhadap TI; Internet Banking; TAM; Technology Acceptance Model