Laporkan Masalah

Evaluasi pengendalian internal terhadap penjualan kartu telkom flexy pada PT telekomunikasi Indonesia, Tbk (studi kasus)

ELIANA, RESTA , Taufikur Rahman, SE, MBA

2009 | Skripsi | S1 Extention - Accounting

Penjualan merupakan kegiatan utama dari sebuah perusahaan. Dengan adanya pengendalian internal yang memadai akan membantu manajemen mendeteksi resiko atau kecurangan yang terjadi. Selain itu, dengan adanya pengendalian internal yang memadai akan menunjang efektivitas penjualan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian internal penjualan kartu Telkom flexi pada PT Telkom Indonesia Tbk. Pengukuran kinerja dilihat dari komponen-komponen pengendalian internal berdasarkan COSO.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Telkom telah menerapkan dan melaksanakan pengendalian internal dengan baik.

Sales is a main activity from the organization. Sufficient internal control can help management to detect risk or fraud which occurs. In other way, sufficient internal control can support sales effectiveness.

The purpose of this research is to evaluate internal control of Telkom flexi card's sales in PT Telkom Indonesia Tbk. The measurements of internal control are shown by the internal control components based on COSO.

Based on the research we can conclude that PT Telkom has been using internal control very well.

Kata Kunci : Pengendalian Internal Penjualan.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.