Laporkan Masalah

Marketing Strategy Formulation For Integrated Research and Testing Laboratory UGM

DEWANTO, PUPUT (Adv.: Slamet Santoso Sarwono, Dr., M.B.A.), Slamet Santoso Sarwono, Dr., M.B.A.

2012 | Tesis | S2 Magister Management

LPPT-UGM sebagai laboratorium terakreditasi pada ISO 17025:2005 menawarkan jasa pengujian dan kalibrasi belum sepenuhnya digunakan atau dimanfaatkan oleh masyarakat atau industri. Hal ini mungkin karena kurang memadainya strategi pemasaran untuk menarik pelanggan dari perusahaan-perus dan lembaga pemerintah. Tujuan thesis ini adalah untuk merumuskan strategi pemasaran dari LPPT-UGM

sehingga LPPT bisa memperoleh lebih banyak pelanggan dari perusahaan-perusahaan dan lembaga pemerintah. Thesis ini fokus pada pemeriksaan isu-isu yang terkait dengan layanan laboratoriu m, dalam hal ini adalah lingkungan internal dan eksternal. Strategi pemasaran LPPT kemudian dibuat berdasarkan analisis PEST, Porter 'Five ForcesÂ’ analisis, Marketing Mix dan analisis SWOT. Penelitian ini mengadopsi sebuah pendekatan studi kasus melalui wawancara mendalam dengan manajemen LPPT-UGM. Hasilnya menunjukkan bahwa in dustri laboratorium masih terbuka peluangnya dan kekuatan LPPT-UGM lebih dominan daripada kelemahannya. Jadi, LPPT-UGM memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan 1) mengembangkan dan menggunakan berbagai jenis komunikasi pemasaran seperti buklet, leaflet dan berpartisipasi dalam pameran; 2) selalu memperbarui infor masi dan selalu mengirim brosur / booklet; 3) agar semua jenis pelayanan LPPT-UGM di masa depan terakreditasi; 4) mengembangkan parameter dan pengujian baru; 5) menjaga harga tetap rendah; 6) selalu melakukan perbaikan terus-menerus danmelakukan penelitian untuk mengetahui lebih banyak tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan; 7) meningkatkan sistem penghargaan dengan menambahkan penghargaan finansial dan fisik, dan 8) meningkatkan sarana dan prasarana fisik agar lebih nyaman bagi karyawan dan pelanggan. Nilai dari thesis ini terletak dalam memberikan wawasan studi kasus baru yang menekankan pada proses bagaimana merumuskan strategi pemasaran dalam memperoleh lebih banyak pelanggan.

LPPT-UGM as an accredited laboratory on ISO 17025:2005 that offers testing and calibration services, has not been fully used by the society or industry. This might due to lack of adequate marketing strategies to gain customers from companies and government institution. The purpose of this thesis is to formulate a marketing strategy of LPPT-UGM to gain more customer from companies and government institution. The paper focus on examine the issues related to the laboratory service. Thus, the external and internal environment were examined. The marketing strategy of LPPT was then presented based on the PEST analysis, PorterÂ’ Five Force analysis, Marketing Mix and SWOT analysis. The research adopts a case study approach through in-depth interviews with the management of LPPT-UGM. The results shows that laboratory industry still widely opened and that LPPTUGM strengths are more dominant than their weaknesses. So LPPT-UGM have the opportunity to gain more customers by 1) develop and use different kind of marketing communication tools such as booklet, leaflet and participate in exhibition; 2) update information and frequently send leaflet/booklet; 3) accredit all type of prospective service at LPPT-UGM in the future; 4) develop new type of parameter and testing; 5) maintain lower price; 6) always undertake continuous improvement and research to know more about the needs and expectation of the customers; 7) improve the reward system by adding financia l and physical rewards; and 8) improve physical surrounding to make it more convenient for employees and customers. The value of this thesis lies in providing new case study insight that highlight in the process of how to formulate marketing strategy in gaining more customers.

Kata Kunci : Marketing strategy formulation, Laboratory, Service, Perumusan strategi pemasaran, Laboratorium, Jasa


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.