Laporkan Masalah

Preferensi Masyarakat terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia dan Bank BNI Syariah)

Delta Khairunnisa (Adv: Dr. Arief Ramelan Karseno, MA), Dr. Arief Ramelan Karseno, MA

2001 | Tesis | S2 Economics

Informasi mengenai karakteristik dan perilaku nasabah sangat diperlukan sebagai salah satu upaya strategi pengembangan bank syariah. Bagaimana karakteristik dan perilaku nasabah tersebut? Faktor-faktor apakah yang mendorong nasabah menabung di bank syariah?

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris factor faktor yang mendorong nasabah menabung di bank syariah, dan membuktikan hubungan antara preferensi ekonomis dengan preferensi agamis dalam menabung di bank syariah. Alat analisa yang digunakan adalah analysis of variance dan chi square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menabung di bank syariah, nasabah dipengaruhi oleh faktor ekonomis, seperti mendapatkan manfaat ekonomi, pertimbangan menabung karena pelayanan yang cepat, fasilitas online lokasi yang mudah dijangkau, dan sistem keuangan bank yang sehat. Faktor agamis, seperti tidak bertentangan dengan agama/sesuai dengan perintah agama, untuk mengurangi kesenjangan ekonomi di masyarakat, memiliki pemahaman terhadap prinsip-prinsip agama Islam dengan baik, memiliki informasi/pengetahuan tentang perbankan syariah, dan adanya kondisi lingkungan agamis yang mendukung. Faktor pihak luar, seperti dorongan orang tua, saudara, teman, pegawai bank, dan ulama. Hasil ini mendukung penelitiannya Kamal Naser di Yordania, bahwa nasabah menabung di bank syariah dipengaruhi oleh faktor ekonomis dan faktor agamis.

Adanya hubungan antara preferensi ekonomis dan preferensi agamis menunjukkan bahwa nasabah dalam menabung di bank syariah ingin mencapai tingkat kepuasan, yaitu kepuasan duniawi dan ukhrowi (akhirat)

The information about customer's characteristics and behaviours are needed as one of syariah banking development strategic efforts. How are the characteristics and behaviours of customers? What are the factors that support customers to save their money in syariah banking?

This research aims to give empirical facts about supporting factors for customers to save in syariah bank, and to prove the relationship between economic and religious preference to save in the bank. In the research Analysis of variance and chi square are used to analyze the data.

The result shows that customers, in saving their money, are influenced by economic preference such as: to gain economic benefits, saving consideration due to fast service, online facility, reachable location, and clean banking financial system. Some factors, such as: fits to or be uncontridicted with religion values, to eliminate economical gap in society, to have good comprehension about Islamic principles, to have sufficient knowledge about syariah banking, and to have supporting islamic environment are included into religious factors. Then, external factors consist of supports from parents, relatives, friends, bank officers, and religious leaders. This research supports Kamal Naser's research in Jordan, that customers save their money in syariah banking because of economic and religious factor.

The relationship between economic preference and religious factors shows that in saving their money customers want to achieve satisfaction, that is the satisfaction in the world and hereafter.

Kata Kunci : preferensi ekonomis, preferensi agamis, dan perbankan syariah, economic preference, religious preference, and syariah banking


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.