Keterbatasan Standar Akuntansi Keuangan dan Dampaknnya terhadap Kualitas Relevansi Nilai Laporan Keuangan(studi Kasus Perusahaan yang terdaftar di Bursa Malaysia Securities Berhad)
CATUR ARIANTO (Pembimbing: Sony Warsono, Dr., MAFIS., Ak.), Sony Warsono, Dr., MAFIS., Ak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterbatasan standar akuntansi keuangan dan strategi yang diterapkan perusahaan terhadap kualitas relevansi nilai laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada transaksi hubungan istimewa yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur dengan jasa dan transaksi yang dilakukan perusahaan yang memiliki group bisnis.
Metode penelitian untuk menguji hipotesis yang digunakan adalah metode Moderated Regression Analysis. Penelitian ini ditujukan untuk menguji apakah relevansi nilai perusahaan jasa lebih tinggi dari perusahaan manufaktur dan apakah relevansi nilai perusahaan yang menerapkan strategi unrelated diversified lebih tinggi dari perusahaan yang menerapkan strategi single firm atau related diversified.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi nilai perusahaan jasa lebih tinggi dari pada perusahaan manufaktur dan relevansi nilai perusahaan dengan strategi single firm tidak lebih tinggi dari perusahaan dengan strategi unrelated diversified.
This research aims to know influence of limitation financial accounting standard and implementation corporate strategy to quality of value relevance financial statement. This research performed based on related party transaction have been performed by manufacturing company with services company and transaction have been performed by company with business groups.
The research method to test hypothesis use Moderated Regression Analysis. This research are addresses to test do value relevance services company higher than manufacturing company and value relevance company which implementation unrelated diversified higher than company which implementation single firm or related diversified strategy.
Result of research indicate that value relevance service company higher than manufacturing company and value relevance company with single firm strategy not more high than company with unrelated diversified strategy.
Kata Kunci : value relevance, related party transaction, corporate strategy, relevansi nilai, transaksi hubungan istimewa, strategi perusahaan.