Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan Berdasarkan Usia, Masa Kerja dan Tingkat Pendidikan Terhadap Komitmen Organisasional

Budiwati, Dyah Puteri, Diah Retno Wulandaru, Dra., M.B.A.

2008 | Tesis | S2 Magister Management

Pada perusahaan yang bergerak di bidang perbankan seperti PT. Bank Niaga Tbk. Yogyakarta, kepuasan kerja akan menjadi salah satu faktor penting pencapaian tujuan organisasi, karena dengan adanya kepuasan kerja yang tinggi, karyawan akan terus berupaya melakukan yang terbaik untuk perusahaan sehingga terbentuknya komitmen organisasional yang kuat pula. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional di PT. Bank Niaga Tbk. Yogyakarta, serta pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional di PT.Bank Niaga jika ditinjau dari faktor usia, masa kerja dan tingkat pendidikan. Penelitian dengan metode eksplanatori ini memilih responden secara random dengan menggunakan teknik disproporsionate stratified random sampling. Subyek penelitian berjumlah 75 orang karyawan PT.Bank Niaga

Yogyakarta. Responden dibagi dalam tiga kelompok berdasarkan usia, masa kerja dan tingkat pendidikan karyawan. Metode kuesioner Kepuasan Kerja menggunakan model MSQ (Minnesota Satisfaction Questionnaire) dan Komitmen Organisasional menggunakan model OCQ (Organizational Commitment Questionnaire), sehingga tidak perlu uji validitas karena sudah teruji validnya. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan PT.Bank Niaga Yogyakarta sebagai variabel bebas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional sebagai variabel terikat. Penelitian ini juga membuktikan bahwa sumbangan efektif kepuasan kerja terhadap komitmen afektif pada kelompok karyawan dengan usia>30 tahun lebih dominan dibandingkan karyawan usia < 30 tahun. Fakta ini dibuktikan dengan membandingkan nilai r2. Nilai r2 untuk kelompok karyawan usia > 30 tahun 0.872 lebih besar dibandingkan nilai r2 pada kelompok karyawan usia < 30 tahun 0.418. Sumbangan efektif kepuasan kerja terhadap komitmen continuance pada kelompok karyawan dengan masa kerja > 10 tahun lebih dominan dibandingkan karyawan karyawan dengan masa kerja < 10 tahun. Fakta ini dibuktikan dengan membandingkan nilai r2. Nilai r2 untuk kelompok karyawan masa kerja > 10 tahun 0.749 lebih besar dibandingkan nilai r2 pada karyawan masa kerja < 10 tahun 0.517. Sumbangan efektif kepuasan kerja kelompok karyawan dengan tingkat pendidikan SMU-Diploma lebih dominan dibandingkan karyawan berpendidikan S1 dan S2. Fakta ini dibuktikan dengan membandingkan nilai r2. Nilai r2 untuk kelompok karyawan berpendidikan SMU-Diploma 0.814 lebih besar dibandingkan nilai r2 pada karyawan S1 0.587 dan karyawan S2 0.475. Kata Kunci : kepuasan kerja, komitmen organisasional

Company which active in banking like Bank Niaga Tbk. Yogyakarta, job satisfaction become one of significant factors to acheve organization objecties, because with job satisfaction fulfillment on high level, the employee will give the best effort for the organization, so can be formed a high level of organizational commitment.

Target to be reached in this study is how to analyze ; The effect of job satisfaction by the employee about organizational commitment at PT. Bank Niaga Tbk Yogyakarta Main Office, the effect of job satisfaction by the employee about organizational commitment at PT. Bank Niaga Tbk. Yogyakarta Main office if evaluated from age factor, year of service and education level. Study with method of explanatory choose respondent in a random and use disproportionate stratified random sampling technique. Subject of this study amount to 75 employees of PT. Bank Niaga Yogyakarta. Respondent divided into three group pursuant to age, year of service and education level. Data was collected Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) developed by Weiss, Dawis, England and Lofquist (1967). To measure organizational commitment use Organizational Commitment Questionnaire (OCQ) developed by Mowday, Steer and Porter (1979), so that needn't validity test because have been tested. Statistical method applied in linier regression analysis. The result shown that job satisfaction employee of Bank Niaga Yogyakarta as independent variable has positive and significant influence to organizational commitment as dependent variable. This study also prove that effective contribution of job satisfaction by employees team with age more 30 more dominant than employee with less than 30. This fact is shown by r2 value comparison. Value of r2 for more 30 year is

0.872 much more than r2 value for less than 30 year that shown 0.418. The effective contribution for job satisfaction by the employee more than 10 years of

service more dominant than the year of service by employee with less than 10 years. This fact shown from r2 value for year of service employee more than 10 years shown 0.749 much more than r2 value for year of service employee less than 10 years shown 0.517. The effective contribution from SMU-Diploma level of education much more dominant than Bachelor/Master level of education. This fact prove by comparing r2 value, r2 value for SMU-Diploma education level shown 0.814 much more than r2 value for bachelor level of education shown 0.587 and master level of education shown 0.475. Keywords : job satisfaction, organizational commitment

Kata Kunci : kepuasan kerja, komitmen organisasional


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.