Laporkan Masalah

Analisis faktor yang mempengaruhi perdagangan bilateral Indonesia dengan 10 negara mitra dagang utama 2000-2007: sebuah regresi data panel

BUDIARJO, HARY , Dra. Endang Sih Prapti, MA

2009 | Skripsi | S1 Economics

Perdagangan internasional adalah salah satu cara bagi suatu negara untuk memenuhi kebutuhan akan suatu barang didalam negeri yang tidak dapat dipenuhi sendiri oleh suatu negara tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional diantara faktor tersebut adalah tingkat bunga, kurs dan massa ekonomi. Skripsi ini akan berusaha melihat pengaruh faktor-faktor tersebut pada perdagangan internasional terhadap 10 negara mitra dagang pada kurun waktu 2000 sampai 2007. Hasilnya ternyata tingkat bunga berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap neraca perdagangan sementara itu kurs tidak berpengaruh secara signifikan terhadap neraca perdagangan yang berarti kondisi marshall-lerner tidak terpenuhi dan massa ekonomi antara GDP negara mitra dagang dan GDP Indonesia berpengaruh secara signifikan terhadap neraca perdagangan bilateral Indonesia walaupun dengan dengan derajat keyakinan yang lemah.

International trade is one of way for a state to fulfill requirement would a goods in country which cannot be fulfilled for itself by a the state. Many factors influence international trade. There are interest rate, exchange rate and economy mass. This research will try to see the factors influencing at international trade to 10 trade partner states at range of time 2000 to 2007. Result of this research are interest rest in signifikan and negative to balance of trade meanwhile exchange rate doesn't have an effect on signifikan to balance of trade in meaning condition of marshall-lerner is not fufilled and economy mass between GDP trade partner state and GDP Indonesia influential in signifikan but with degree of freedom weak confidence to bilateral balance trade of Indonesia.

Kata Kunci : perdagangan internasional, perdagangan internasional


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.