Akseptasi Pengguna Sistem Elektronik Dalam jasa Penerbangan: Maskapai Penerbangan Air Asia Indonesia
ANGGIANI, DELLA (Adv.: Sumiyana, Dr., M.Si., Akt.), Sumiyana, Dr., M.Si., Akt.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis keberterimaan sistem tiket elektronik dengan mengusulkan satu set pemicu penting untuk melibatkan konsumen dalam traksaksi online. Model yang diusulkan mengintegrasikan kegunaan, kemudahan penggunaan, kepercayaan, risiko, kemanjuran dalam menggunakan komputer berpengaruh signifikan terhadap perilaku transaksi dan niat konsumen untuk bertransaksi. Penelitian ini menggunakan data primer dengan memberikan kuesioner kepada 254 penumpang Air Asia Indonesia yang telah mengunakan sistem tiket elektronik. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan AMOS 19.
Studi ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan dan risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap keberterimaan atas sistem elektronik karena konsumen menggunakan tiket elektronik bukan karena kemudahan penggunaan, tetapi karena kebutuhan mereka untuk membeli tiket dan biasanya mereka sudah mengetahui risiko dalam menggunakan tiket elektronik.
This research was conducted to analyze the acceptance of e-commerce by proposing a set of key drivers for engaging consumers in online transactions. The proposed model integrates usefulness, ease of use, trust, risk, computer self-efficacy significantly influence to actual transaction behavior and customer transaction intentions. This research use primary data by giving questionnaire to 254 Air AsiaÂ’s passengers in Indonesia who have been using the electronic ticket system. Data analysis was performed with the Structural Equation Model (SEM) using AMOS 19.
This study suggest that ease of use and risk do not have significant effect to the acceptance because consumer use the e-commerce not because of its ease of use, but because of their need to buy the ticket and usually consumer already know the risks to use e-commerce.
Kata Kunci : Technology Acceptance Model (TAM), usefulness, ease of use, trust, risk, computer self-efficacy, actual transaction behavior, customer transaction intentions, kegunaan, kemudahan penggunaan, kepercayaan, risiko, kemanjuran dalam menggunakan komputer, peri