Laporkan Masalah

Pengaruh perubahan rating obligasi terhadap market model

AMIRAH, Dr. Suad Husnan, MBA

2009 | Tesis | S2 Management

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perubahan rating obligasi baik upgrade maupun downgrade terhadap kepekaan hubungan return saham dengan return pasar, serta menguji pengaruh perubahan rating obligasi terhadap perubahan intercept dan koefisien dalam model.

Pemilihan sampel yang dilakukan secara purposive sampling dengan kriteria semua perusahaan yang menerbitkan saham dan obligasi di Bursa Efek Indonesia periode 2000-2007. pengujian dilakukan secara time series baik harian, mingguan, dan bulanan pada 31 perusahaan dengan 64 observasi, yaitu 51 upgrade, 13 downgrade. Metode statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis pertama adalah regresi linier sederhana dengan memasukkan variabel Dummy. Sedangkan hipotesis kedua diuji dengan menggunakan chow test untuk menguji kestabilan model regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan rating obligasi upgrade menurunkan kepekaan hubungan return saham dengan return pasar. sebaliknya perubahan rating obligasi downgrade meningkatkan kepekaan hubungan return saham dengan return pasar. tidak signifikannya pengaruh perubahan rating obligasi diindikasikan karena perubahan rating obligasi telah diantisipasi oleh investor, sehingga hal ini mengakibatkan tidak adanya perubahan pada intersep dan koefisien dalam model.

The purpose of this research is to examine the effect of obligation rating change both in upgrade and downgrade on the sensitivity of relationship between stock return and return market, an then to examine the effect of obligation rating change to the intercept and coefficient in the model.

The choosing of the samples done by purposive sampling with the requirement all the companies publishing their stock and obligation in Indonesian Stock Exchange in 2000-2007. the examination done by time series both daily, weekly, and monthly in 31 companies by 64 observation, they are 51 upgrade, and 13 downgrade. Statistic's method done to examine the first hypothesis is simple linier regression with dummy variable. While, the second hypothesis was examined by using chow test.

The result of this research shows that upgrade obligation rating change decreases the sensitivity of relationship between stock return and market return. On the opposite, the downgrade obligation rating change increases the sensitivity of relationship between stock return and return market. The effect of obligation rating change which is not significant was indicated because the obligation rating change has been anticipated by the investors so that this case causes no change to the intercept and coefficient in the model.

Kata Kunci : perubahan rating obligasi, Single Index Model


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.