Evaluasi Penerapan Total Quality Management: Studi Kasus PT.PLN(Persero) APJ Yogyakarta
AMINAH NAFSAH HAMDI, Goedono, Dr., M.B.A.
Kualitas adalah salah satu alas an konsumen memilih produk atau jasa. Jika perusahaan memproduksi produk berkualitas tinggi maka perusahaan akan mendapatkan kepercayaan dari konsumennya. Kualitas tidaklah mahal, tetapi kesalahan yang mahal. Jadi, jika perusahaan ingin memproduksi produk atau jasa dengan biaya minimal maka perusahaan harus mengurangi kesalahannya dalam produksinya. TQM adalah satu paket proses dan sistem manajemen yang menciptakan kepuasan konsumen, dan juga menciptakan pendapatan yang besar dengan biaya yang rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan TQM di PT. PLN (PERSERO) APJ YOGYAKARTA. Evaluasi ini untuk mengetahui bagaimana perusahaan melaksanakan prinsip-prinsip TQM, apa saja elemen pendukung TQM yang dilaksanakan perusahaan, mengetahui permasalahan apa saja yang muncul dalam penerapan TQM, bagaimana cara penyelesaian masalah tersebut, bagaimana perusahaan menentukan biaya mutunya, dan juga manfaat dari penerapan TQM tersebut bagi perusahaan.
Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa PT. PLN (PERSERO) APJ YOGYAKARTA telah melaksanakan prinsip TQM seperti fokus pada pelanggan dengan cukup baik. Terbukti dari diterimanya ISO 9001:2000 dari tahun 2001 sampai sekarang dan juga tercapainya sasaran mutu yang dikomitmenkan oleh perusahaan. Permasalahan seperti momok yang timbul akibat penerapan sistem manajemen, kesibukan pejabat struktural dan karyawan dan juga kesulitan merubah paradigma karyawan dapat diatasi dengan baik oleh perusahaan. Perusahaan pun mendapatkan manfaat seperti berkurangnya biaya mutu yang diperlukan dan juga kepercayaan dari konsumennya.
Quality is one of customer reason to choose products or services. If company produce high quality product, company will get the trust from their customer. Quality is not expensive, but the mistake is expensive. So, if company want to produce product or service with minimum cost company must reduce their mistake in production. Total Quality Management (TQM) is the set of management process and systems that create delighted customers through empowered employees, leading to higher revenue and lower cost.
The objective of this research is to evaluating the implementation of total quality management in PT. PLN (PERSERO) APJ YOGYAKARTA. The evaluation is from how company implementing the principles of TQM, to know what TQM support element that implementing in company, problem if implementing TQM, about the quality cost, and to know the function of the implementation of TQM for the company.
From this research, we know that PT. PLN (PERSERO) APJ YOGYAKARTA was implemented TQM principles like costumer focused. PT. PLN APJ YOGYAKARTA was getting ISO 9001:2000 from 2001 until now. The problems like a negative perspective from implementing this system, business of the structural management, and difficulty to change employee paradigm can solve greatly by the company. And PLN can get the benefit like qualitu cost reducing and also the trust from the customer.
Kata Kunci : Quality Service, consumer behaviaor, Kepuasan konsumen, TQM, Total Quality Management