Laporkan Masalah

Pengaruh agen sosialisasi konsumen pada gaya pengambilan keputusan konsumen

AMALIA, DINA AFRIYANTI , Prof. Dr. Basu Swastha Dh., MBA

2009 | Tesis | S2 Management

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orangtua, teman sebaya dan televisi terhadap gaya pengambilan keputusan konsumen yang diinginkan (desirable), gaya pengambilan keputusan yang tidak diinginkan (undesirable), dan gaya pengambilan keputusan konsumen social/hedonistic. Data diperoleh melalui survei kuesioner dengan tekhnik purposive sampling dengan kriteria usia 15-18 tahun, masih memiliki kedua orangtua (ibu dan ayah), memiliki teman atau kelompok teman, memiliki uang saku dalam jumlah tertentu, pernah melakukan aktivitas pembelian kebutuhannya sendiri, dan memiliki akses ke media televisi.

Kuesioner yang didistribusikan kepada responden berjumlah 200 eksemplar, tetapi yang digunakan untuk analisis selanjutnya hanya 186 eksemplar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM dengan metode alternatif Partial Least Square (PLS) yang dibantu dengan program aplikasi Smart PLS 2.0 M3. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari teman sebaya pada gaya pengambilan keputusan konsumen yang diinginkan (desirable), dan yang tidak diinginkan (undesirable). Agen sosialisasi konsumen orangtua tidak secara signifikan mempengaruhi ketiga gaya pengambilan keputusan konsumen. Sedangkan agen sosialisasi konsumen media massa televisi hanya berpengaruh signifikan pada gaya pengambilan keputusan konsumen yang tidak diinginkan (undesirable).

Kata Kunci : consumer socialization agents (orangtua, teman sebaya dan televisi), consumer behaviour (perilaku konsumen), gaya pengambilan keputusan konsumen consumer decision-making styles (desirable, undesirable, social/hedonistic)


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.