Customers Purchase Intentions Toward Green Product
ALAM, MAYANG PUTRI (Adv.: Sahid Susilo Nugroho, Dr., M.Sc.), Sahid Susilo Nugroho, Dr., M.Sc.
Penelitian ini dilakukan untuk memahami apakah tingkat keterlibatan konsumen dengan lingkungan memengaruhi minat membeli konsumen terhdap produk-produk ramah lingkungan dan untuk menginvestigasi secara empiris bagaimana konsumen mengetahui bagaimana konsumen dengan tingakt leterlibatan dengan lingkungan yang berbeda-beda merespon produk-produk ramah lingkungan. Sekarang ini banyak konsumen yang sadar akan isu pemanasan global dan beberapa dari mereka cenderung membeli produk-produk ramah lingkungan daripada produk-produk yang tidak ramah lingkungan. Banyak perusahaan melihat hal ini sebagai kesempatan dan bersaing dalam menciptakan produk-produk ramah lingkungan dengan tujuan menarik perhatian para konsumen.
Penelitian ini menggunakan 260 sampel yang meruapak penduduk Jogjakarta yang setidaknya memiliki pendidikan terakhir SMA untuk dapat mengisi kuisioner yang disebar oleh peneliti secara manual. Kuisioner telah disebarkan ke banyak tempat seperti berbagai universitas dan kantor di Jogjakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian modifikasi dari jurnal yang disusun oleh Melody E. Schuhwerk dan Roxanne Letkoff-Hagius dengan judul “Green or Non-Green? Does Type of Appeal Matter When Advertising a Green Product?”. Tidak seperti penelitian sebelumnya yang menggunakan metode penelitian eksperimen, penelitian ini telah mengalami modifikasi dan menggunakan metode penelitian survei dengan topik dan subyek yang lebih luas. Tujuan dari penelitian ini tetap sama dengan penelitian sebelumnya.
This research is conducted to comprehend whether the involvement level with the environment affects the consumers purchase intention towards green products and to empirically investigate how consumers who differ in terms of involvement with the environment will respond to green product. Nowadays many people are aware of the global warming issue and some of them are tend to buy green or environmentally products instead of the non-green products. Many companies sees that opportunity and competing in creating green products in order to attract the consumerÂ’s interest.
This research is using 260 samples or Jogja residents who have at least have high school degree to fill out the questionnaire spreaded manually. Questionnaire was spreaded to many places such as universities and offices.
This research based on the the journal from Melody E. Schuhwerk and Roxanne Letkoff-Hagius research with the title “Green or Non-Green? Does Type of Appeal Matter When Advertising a Green Product?” Unlike the previous research which was using experimental method, this research has been modified and using survey method and with broader topic and subject. However, the purpose of the research still the same with the previous research.
Kata Kunci : produk ramah lingkungan, minat pembelian, sikap terhadap iklan, keterlibatan dengan lingkungan, green products, purchase intention, attitude toward the ad, environmentally involvement.