Laporkan Masalah

Model Persamaan Struktural (Structural Equation Model) unutk Desain dan Pengembangan Produk Terbaru

Ahyar Yuniawan (Pemb : Dr. Ir.Adi Djoko Guritno, MSIE), Dr. Ir.Adi Djoko Guritno, MSIE

2002 | Tesis | S2 Management

Salah satu kunci kesuksesan dan kemampulabaan bagi banyak perusahaan manufaktur dan penyedia layanan adalah kemampuan untuk mengenalkan produk baru bermutu selangkah lebih maju dalam kompetisi. Pengembangan dan pengenalan produk yang memberikan nilai bagi pelangan telah menjadi kriteria penting bagi pertumbuhan dan kemakmuran perusahaan. Terdapat beberapa ciri penting operasi perusahaan yang saling berhubungan dan sangat menentukan pencapaian kesuksesan tersebut di atas, antara lain: penilaian pemasok, just in time, sistem informasi mutu, manajemen mutu dan desain dan pengembangan produk baru. Studi ini mencoba melihat hubungan ciri-ciri operasi tersebut dalam suatu model persamaan struktural.

Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Para responden yang diharapkan adalah orang-orang yang familiar tentang ciri-ciri dan strategi-strategi operasi perusahaan tersebut di atas. Structural Equation Model (SEM) adalah suatu teknik analisis statistik multivariat yang digunakan untuk menguji teori struktural dan teknik ini telah memperoleh popularitas dalam banyak disiplin bisnis. SEM menguji secara statistik model yang dihipotesiskan untuk menentukan sejauh mana model yang diajukan konsisten dengan data sampel. SEM merupakan teknik multivariate yang mengkombinasikan aspek regresi berganda dan analisis faktor untuk mengestimasi serangkaian hubungan ketergantungan secara simultan.

Hasil studi menunjukkan bahwa strategi penilaian pemasok dan startegi just in time berpengaruh langsung terhadap strategi manajemen mutu, sistem informasi mutu dan strategi manajemen mutu berpengaruh langsung terhadap strategi desain dan pengembangan produk baru. Tampak pula bahwa strategi penilaian pemasok dan strategi just in time berpengaruh secara tidak langsung terhadap strategi desain dan pengembangan produk baru yang dimediasi oleh strategi manajemen mutu. Akan tetapi pengaruh langsung sistem informasi mutu terhadap strategi manajemen mutu dan pengaruh langsung strategi just in time terhadap strategi desain dan pengembangan produk baru tidak didukung oleh data sampel.

Studi ini telah menguji suatu model yang mendefinisikan hubungan struktural diantara konstruk-konstruk yang relevan dengan strategi desain dan pengembangan produk baru. Hasil evaluasi goodness of fit indices atas model struktural yang terpilih menunjukkan hasil yang baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model tersebut dapat diterima dan hasilnya mengkonfirmasi model dalam penelitian sebelumnya. Secara umum, data sampel mendukung model persamaan struktural untuk desain dan pengembangan produk baru yang diajukan. Sejumlah temuan dalam penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai pertimbangan untuk melakukan berbagai kebijakan yang terkait dengan strategi penilaian pemasok, strategi just in time, sistem informasi mutu, strateg; manajemen mutu, dan strategi desain dan pengembangan produk baru.

A key to success and profitability for many manufactures and service providers is the ability to introduce new, quality product ahead of the competition. The development and introduction of new product which make value to customers is an important criteria for the company's growth and prosperity. There are organizational characteristics which interrelated and taken into account for the success, eg: supplier assessment, just in time, quality information system, quality management, and new product design and development. The study aimed to find how these characteristics interrelated in an structural equation model.

The method used in the study was a survey. The respondents would ones who were familiar about the characteristics and company's operation strategies. Structural equation model (SEM) is a multivariate statistical technique for testing structural theory and has gained popularity in many business diciplines. It used to test the hipotisized model statistically to determine the extent to which the proposed model is consistent with the sample data. SEM incorporates both factor analysis and multiple regression to estimate a series of interdependent relationship simultaneouslty.

The study results showed that supplier assessment strategy, just in time strategy, and quality information were correlated. Both supplier assessment and just in time strategies affected quality management strategy used, which in turn influenced the new product design and development strategy. The data also showed that quality information system and quality management strategy influenced the new product design and development strategy. Yet the influence of quality information system to quality management strategy and that of just in time strategy to new product design and development strategy were not statistically significant.

The study tested a model that defined a structural relationship between the constructs which relevant to the new product design and development strategy. Goodness of fit indices for the best selected model showed good results. The results suggested that the model was accepted and confirmed the model in the previous studies. In general, the survey results supported the proposed structural equation model for the new product design and development strategy. The study results could be take into account to determine any policies that link the all of characteristics used in the study.

Kata Kunci : SEM, survey, operational strategies, new product design and development.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.