PENGARUH PERBEDAAN GENDER TERHADAP PERILAKU AKUNTAN PENDIDIK
AHIM IBRAHIM (adv. Dr. NUR INDRIANTORO, M.Sc), Dr. NUR INDRIANTORO, M.Sc
Issu mengenai pentingnya pengelolaan diversitas yang berkaitan dengan gender mengalami peningkatan sekitar tahun 1970-an. Peran wanita dilingkungan kerja meningkat cukup pesat. Hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya pegawai wanita yang bekerja pada perusahaan-perusahaan yang sebelumnya didominasi oleh pria. Meskipun secara umum pegawai wanita belum banyak yang dapat menduduki posisi puncak dilingkungan pekerjaannya.
Penelitian ini menguji pengaruh perbedaan gender terhadap perilaku akuntan pendidik dilingkungan kerja. Perilaku diproksikan dengan variabel sikap,motivasi, persepsi diskriminasi dan penilaian terhadap etika. Sampel terdiri dari para akuntan pendidik di seluruh Indonesia yang telah memiliki pengalaman mengajar minimum satu tahun. Pengujian hipotesis menggunakan alat analisis ANOVA dan T-test serta Mann-Whitney U test. Hasil penelitian menunjukkan,
terdapat perbedaan sikap antara akuntan pendidik pria dan wanita, sedangkan motivasi dan persepsi perlakuan diskriminasi tidak menunjukkan adanya perbedaan. Dalam penilaian etika terhadap suatu tindakan diperoleh hasil yang konsisten dengan penelitian sebelumnya, yaitu bahwa pegawai wanita memiliki tingkat sensitifitas yang lebih tinggi dibanding pegawai pria.
Issues on the importance of diversity management related with gender has grown since around 70s. Women's roles in working environment increase quite rapidly. This is shown by the many women who work in companies previously
dominated by men. Generally, however, there is still not many female workers that can occupy top positions in their working environment.
This study is intended to test the influence of gender differences toward the educating accountant's behavior in the working environment. As the proxies for behavior several variables are used: attitudes, motivation, perceived discrimination and ethical judgement. The sample consist of educating accountant around Indonesia who have minimum teaching experience of one year. The hypotheses
are tested using the ANOVA and T-test as well as Mann-Whitney's U-test. The study result show that there is attitude differences between male and female educating accountant, while motivation and perception of discrimination do not show any differences. In the ethical judgement toward an action the result obtained are consistent with the early study, i.e. that the female workers have higher sensitivity levels compared with the male workers.
Kata Kunci : gender, perilaku akuntan publik