Evaluasi Implementasi Sistem Akuntansi Instansi (Studi Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta IV)
ADZKIYA, MUHAMMAD (Adv.: Arif Surya Irawan, S.E., M.Com.), Arif Surya Irawan, S.E., M.Com.
Tujuan studi ini adalah untuk melakukan evaluasi implementasi sistem akuntansi instansi di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta IV. Penelitian ini menganalisa faktor-faktor yang menentukan kesuksesan implementasi sistem akuntansi instansi. Penelitian ini menggunakan structural equation model (SEM) dengan menerapkan model DeLone and McLean (2003) diperbarui dan model TAM Davis (1989). Penelitian ini menggunakan konstruk kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, keyakinan sendiri terhadap penggunaan komputer, penggunaan, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Data dari kuesioner diperoleh 44 responden dengan beraneka ragam responden professional institusi pemerintah. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa kualitas informasi, keyakinan sendiri terhadap penggunaan komputer berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna sistem akuntansi instansi. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna SAI. Penelitian ini juga menemukan bukti bahwa penggunaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, penggunaan dan kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap manfaat bersih (dampak individual dan organisasional). Kualitas sistem tidak memiliki dampak signifikan terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna karena tidak ada alternatif sistem atau sistem bersifat wajib penggunaannya.
The purpose of this study is to evaluate institutional accounting system at Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta IV. This study analyze factors that determine succesfull implementation of institutional accounting system. This study employs structural equation model (SEM) by applying modified DeLone and McLean (2003) model and TAM Davis (1989) model. This study use construct system quality, service quality, information quality, computer self efficacy, use, user satisfaction, net benefits. Data from questionnaires obtained from 44 respondents with various institutional government professional respondent. Result of this study shows that information qualit, computer self efficacy, have significant positive influence on the use and user satisfaction of information systems. Service quality have significant positive influence to user satisfaction of information systems, This study also finds that use have no significant influence to user satisfaction but use and usersÂ’ satisfaction significantly influence to net benefit (individual impact and organizational impact). Quality system have no significant impact to use and user satisfaction because another alternatively by institution to use accounting information system or it can says mandatory.
Kata Kunci : system quality, service quality, information quality, computer self efficacy, use, user satisfaction, net benefits, institutional accounting systems, kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, keyakinan sendiri terhadap penggunaa