ANALISIS PENGARUH ATTRACTIVENESS, TRUSTWORTHINESS, DAN EXPERTISE ATAS CELEBRITY ENDORSER PADA NIAT MEMBELI KONSUMEN
Ismawanto, Sani Tanaka , Tur Nastiti, S.E., M.Si.
2007 | Skripsi | S1 Extention - Management
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Attractiveness, Trustworthiness, dan Expertise atas celebrity endorser pada niat membeli konsumen. Penggunaan celebrity sebagai endorser pada sebuah iklan adalah hal yang kritikal bagi para marketer. Bila diputuskan secara tepat maka akan memberikan pengaruh besar terhadap tingkat penjualan produk. Agnes Monica pada iklan Honda Vario yang ditayangkan di televisi dipilih sebagai celebrity endorser yang akan dianalisis. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dengan membagikan kuesioner kepada 150 responden. Penelitian ini menggunakan nonprobabilistic sampling sebagai metode pemilihan sampel, dan tekniknya menggunakan convenience sampling yaitu sampel yang dipilih dari anggota populasi yang dapat ditemui dengan mudah dalam memperoleh informasi yang diperlukan. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UGM yang pernah melihat tayangan iklan Honda Vario versi Agnes Monica di televisi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh Attractiveness, Trustworthiness, dan Expertise atas celebrity endorser pada niat membeli konsumen. Sedangkan untuk menganalisis item pertanyaan dalam kuesioner digunakan Analisis Faktor untuk uji Validitas, dan Cronbach"s Alpha untuk uji Reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Attractiveness, Trustworthiness, dan Expertise atas celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan pada niat membeli konsumen. Kata kunci : Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Celebrity Endorser, Intention to Purchase
This research aim to analyse influence Attractiveness, Trustworthiness, and Expertise to celebrity endorser at consumer intention to purchase. Usage of celebrity as endorser at an advertisement is something which critical to all marketer. If decided acurately hence will give major effect to level of product sales. Agnes Monica at advertisement Honda Vario displayed in television selected as celebrity endorser which will be analysed. This research applies primary data obtained directly by alloting questionaire to 150 respondents. This research applies nonprobabilistic sampling as audition method of sample, and its the technique using convenience sampling that is sample selected from member of population which can be met easily in obtaining information required. Sample in this research is Faculty Of Economics student UGM which seen displays advertisement Honda Vario version Agnes Monica in television. Analyzer applied in this research is regression analysis. Regression analysis applied to know influence Attractiveness, Trustworthiness, and Expertise to celebrity endorser at consumer intention to purchase. While to analyse question item in questionaire is applied Factor analysis to test Validity, and Cronbach"s Alpha to test Reliability. Result of this research indicates that Attractiveness, Trustworthiness, and Expertise to celebrity endorser influential positive and significan at consumer intention to purchase. Key Word : Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Celebrity Endorser, Intention to Purchase
Kata Kunci : Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, Celebrity Endorser, Intention to Purchase; Niat Beli Konsumen