Evaluasi Penerapan Sertifikasi ISO 9001:2000 (studi kasus PT. PLN (persero) Unit Jasa Teknik Madiun)
Setiyasih, Maulina , Prof. Dr. Slamet Sugiri, M.B.A., Ak
2007 | Skripsi | S1 Extention - Accounting
Diakui menjadi perusahaan kelas dunia yang bertumbuh kembang, unggul dan terpercaya, merupakan visi PT. PLN (persero) yang terus dikembangkan perusahaan dalam menghadapi persaingan pasar global. Perbaikan kualitas terus dilakukan agar terpenuhi kepuasan pelanggan (customers satisfaction). Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 dilakukan oleh PT. PLN UJT Madiun untuk memberikan jaminan kualitas dalam desain pengembangan produk, instalasi dan pelayanan. Penelitian ini tidak menggunakan dan tidak melakukan pengujian suatu teori atau pendapat terhadap masalah yang dikemukakan. Jenis penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan suatu fenomena atau kenyataan sosial dengan jalan melukiskan atau menggambarkan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan pemberian checklist daftar periksa manajemen mutu kepada wakil manajemen mutu dan narasumber serta telaah dokumen-dokumen manajemen mutu yang dimiliki perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 di PT. PLN UJT Madiun telah dilaksanakan dengan baik dan bisa dikatakan berhasil. Hal ini ditunjukkan dengan pemenuhan semua klausul yang disyaratkan dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000. PT. PLN UJT Madiun tidak melaksanakan klausul 7.3 tentang "Desain dan Pengembangan" dan klausul 7.5.5 tentang "Preservasi Produk" karena PLN UJT Madiun hanya bergerak dibidang jasa pemeliharaan sehingga tidak melakukan kegiatan desain dan pengembangan produk, dan inventory. Sistem kerja menjadi terstandar dan terdokumentasi sehingga mudah dalam pengendalian dan tercapai kepuasan pelanggan sesuai target yang ditetapkan, peningkatan kualitas kerjasama dan komunikasi antar karyawan maupun dengan atasan, serta efisiensi biaya merupakan manfaat yang diperoleh dari pengimplementasian Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 bagi PT. PLN (persero) UJT Madiun. Kata kunci: kualitas, sistem manajemen mutu, ISO 9001:2000
Quality improvement through the implementation of Quality Management System ISO 9001:2000 is occurred by PT. PLN (persero) Unit Jasa Teknik Madiun for giving guarantee in design and product improvement, installation, and services. The successful of implementation is showed by the fulfillment and the implementation of all the requirement clauses in Quality Management System ISO 9001:2000 in all of operational activities of the company, except the clause 7.3 "design and improvement" and clause 7.5.5 "product preservation" because PT. PLN (persero) UJT Madiun operates in maintenance services and it doesn"t do inventory activity.
This research aims is to explain the phenomenon or social reality through explaining some variable based on occurred reality through observation, interview, and documents study. Standardized and documented working system, improvement quality of cooperation and communication among employees and top management, and also cost efficiency are the advantages that can be gained PT. PLN UJT Madiun through the implementation of Quality Management System ISO 9001:2000. Keyword: quality, quality management system, ISO 9001:2000
Kata Kunci : kualitas, sistem manajemen mutu, quality, quality management system, ISO 9001:2000