Laporkan Masalah

DAMPAK TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN AQUA PADA LOYALITAS MEREK DI YOGYAKARTA

LANDUNG TRI WICAKSONO, Bayu Aji Aritejo, S.E., M.M., M.Si., Ph.D.

2018 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yaitu tanggung jawab sosial perusahaan terhadap konsumen, tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan pada reputasi perusahaan, kepercayaan terhadap perusahaan, dan loyalitas merek AQUA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan tipe purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah individu di Yogyakarta yang pernah mengkonsumsi AQUA dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan, dan mengetahui program tanggung jawab sosial perusahaan AQUA. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini berjumlah 285. Pengolahan data dalam pengujian hipotesis dilakukan dengan metode regresi berganda dengan bantuan software SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR terhadap konsumen, CSR terhadap masyarakat, CSR terhadap lingkungan, reputasi perusahaan berpengaruh positif pada loyalitas merek AQUA. Disisi lain CSR lingkungan tidak berpengaruh pada kepercayaan terhadap perusahaan AQUA. Dan hasil penelitian terakhir kepercayaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek AQUA. Kata kunci : tanggung jawab sosial perusahaan terhadap konsumen, tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan, reputasi perusahaan, kepercayaan terhadap perusahaan, loyalitas merek.

The purpose of this research is to test the influence of Corporate Social Responsibility (CSR) such as consumer corporate social responsibility, society corporate social responsibility, environment corporate social responsibility to corporate reputation, company trust, and AQUA brand loyalty. This research is a quantitative research using non-probability sampling and purposive sampling type. Respondents in this research were individuals in Yogyakarta who had consumed AQUA in less than 3 months, and knew the AQUA's corporate social responsibility program. Data that has been collected in this study amounted to 285. Data processing in hypothesis testing is done by multiple regression method with the help of SPSS 21 software. The results of this study indicate CSR to consumer, CSR to society, CSR to environment, corporate reputation affect positive to AQUA brand loyalty. On the other hand CSR environment has no effect on company trust. And the last research result of trust has no effect on AQUA brand loyalty. Keywords : corporate social responsibility to consumers, corporate social responsibility to society, corporate social responsibility to environment, corporate reputation, company trust, and brand loyalty.

Kata Kunci : Tanggung Jawab Sosial Perusahaan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.