TINGKAT PERSETUJUAN WISATAWAN TERHADAP PARIWISATA BERKELANJUTAN DAN TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP CITRA DESTINASI WISATA RELIGI SENDANGSONO
FRANSISCA PASCALIA, Dr. Mohamad Yusuf, M.A.
2018 | Skripsi | S1 PARIWISATASendangsono merupakan salah satu destinasi wisata religi Katolik terkenal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisatawan mengunjungi Sendangsono untuk melakukan kegiatan ziarah dan dengan latar belakang yang berbeda. Perbedaan latar belakang dapat memengaruhi cara wisatawan merespons konsep pariwisata berkelanjutan. Pariwisata berkelanjutan harus mempertahankan tingkat kepuasan wisatawan yang tinggi dan memastikan pengalaman yang berarti bagi wisatawan, meningkatkan kesadaran wisatawan terhadap masalah keberlanjutan, serta mempromosikan penerapan pariwisata berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui latar belakang wisatawan yang datang ke Sendangsono, (2) mengetahui tingkat persetujuan wisatawan terhadap pariwisata berkelanjutan, dan (3) mengetahui tingkat kepuasan wisatawan terhadap citra destinasi di Sendangsono. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden 461 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan SPSS dan dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) wisatawan yang datang ke Sendangsono memiliki latar belakang yang beragam, (2) wisatawan menyatakan setuju dan sangat setuju terhadap pariwisata berkelanjutan, dan (3) wisatawan merasa puas dan sangat puas terhadap citra destinasi di Sendangsono.
Sendangsono is one of the famous Catholic religious tourism destinations in special region of Yogyakarta. Most of tourists who come there to conduct pilgrimage activities, have different backgrounds. The differences of the background can affect the way tourists respond to the concept of sustainable tourism. Sustainable tourism should also maintain high levels of tourist satisfaction, ensure a meaningful experience for tourists, and raise their awareness of sustainability issues and promote sustainable tourism practice. The purposes of this study are (1) to know the background of tourists who come to Sendangsono, (2) to know the level of tourist approval toward sustainable tourism, and (3) to know the level of customer satisfaction toward the image of the destination in Sendangsono. This research is a quantitative research with 461 respondents. Data collection methods used in this study were observation, interview, questionnaires, and literature study. The collected data was then processed using SPSS and analyzed with descriptive statistic. The results of this study are (1) the tourists who come to Sendangsono have various backgrounds, (2) the tourists agree and strongly agree to the sustainable tourism, and (3) the tourists are satisfied and very satisfied with the image of destination in Sendangsono.
Kata Kunci : persetujuan wisatawan, pariwisata berkelanjutan, kepuasan, citra destinasi, wisata religi, Sendangsono, tourist approval, sustainable tourism, satisfaction, destination image, religious tourism, Sendangsono