Motivasi Penggunaan Media di YouTube (Studi Survei Terhadap Motivasi Penggunaan Unboxing Video Album K-Pop di YouTube pada Fans K-Pop Indonesia)
FEBRIANA SUCI PRITA, Dr Widodo Agus Setianto, M.Si.
2018 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIPenelitian ini didasarkan oleh semakin populernya unboxing video dikalangan penikmat YouTube. Sebelumnya, audiens dipaksa untuk menerima informasi dari iklan. Namun saat ini pengguna media sosial dapat memilih sendiri informasi produk yang mereka inginkan di YouTube. Berbeda dengan televisi, pengguna YouTube memiliki kontrol penuh untuk memilih konten apa yang mereka inginkan sesuai dengan kebutuhan yang ingin dipenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi menonton unboxing video di YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei sebagai teknik pengumpulan datanya. Sampel dalam penelitian ini adalah 400 responden yang merupakan fans K-Pop yang pernah menonton unboxing video album K-Pop di YouTube dengan menggunakan metode non-probability sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi fans K-Pop di Indonesia menonton unboxing video album K-Pop di YouTube adalah untuk memenuhi entertainment , information seeking dan social interaction.
This research was based on the increasing popularity of unboxing video among YouTube lovers. Previously, the audience took to receive information from the ad. But now social media users can choose their own product information they want on YouTube. Unlike television, YouTube users have full control to choose what they want in accordance with the needs they want to meet. The purpose of this study was to analyze the motivation of watching unboxing videos on YouTube. This research uses quantitative approach with survey method as its data completion technique. The sample in this study is 400 respondents who are fans of K-Pop who have watched unboxing K-Pop video album on YouTube using non-probability sampling method. The instrument of this study using questionnaire and analyzed with descriptive statistics. The results of this study show fans of K-Pop motivation in Indonesia watching unboxing K-Pop video album on YouTube is to meet entertainment , information search and social interaction.
Kata Kunci : Motivasi, User generated content, Unboxing video, fans K-Pop