Analisis Strategi Diversifikasi PT Bakrie & Brothers Tbk
RACHMA DILLA, Dr. Harsono, M.Sc.
2017 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini berkaitan dengan penerapan strategi diversifikasi dan penciptaan sinergi pada perusahaan multibisnis. Perusahaan multibisnis yang menjadi objek penelitian ini adalah PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi diversifikasi yang diterapkan oleh BNBR, mengidentifikasi sinergi yang ada di perusahaan secara keseluruhan, serta mengevaluasi peran BNBR sebagai parent company dalam meningkatkan sinergi pada unit usahanya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara dengan top manajemen BNBR dan unit usahanya, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi keterkaitan aktivitas-aktivitas BNBR dan unit usahanya. Kemudian, penelitian dilanjutkan dengan mengidentifikasi sinergi yang ada di unit-unit usaha menggunakan teori dari Goold dan Campbell (1998) yang berjudul "Desperately Seeking Synergy" serta menggunakan analisis strategic fit dan resource fit. Selanjutnya, penelitian ini menganalisis peran BNBR sebagai parent company dalam mengelola dan membangun sinergi pada unit-unit usahanya. Hasil penelitian ini menunjukan strategi diversifikasi yang diterapkan BNBR memiliki keterkaitan aktivitas antar unit-unit usahanya. Aktivitas-aktivitas tersebut berasal dari operasional, finansial, procurement, pemasaran, sumber daya manusia, dan infrastruktur. Dari hasil pengukuran sinergi berdasarkan teori Gold and Campbell (1998), sinergi yang tercipta adalah Shared Know-How, Coordinated Strategies, Pooled Negotiating Power, dan Shared Tangible Resources. Sedangkan hasil dari analisis strategic fit adalah terciptanya sinergi berupa pemanfaatan brand tunggal, kecocokan strategis di aktivitas rantai pasok, serta kecocokan strategis pada aktivitas pemasaran. Sedangkan dari analisis resource fit tercipta sinergi pada sumber daya finansial dan pengelolaan sumber daya manusia. BNBR sebagai strategic holding company mengelola dan membangun sinergi di antara unit usahanya dengan memusatkan beberapa aktivitas kepada manajemen BNBR, seperti financing, pengelolaan sumber daya manusia, dan pemasaran.
This research is related to implementation diversification strategy and on the creation of synergy in multibusiness company. The object of this research is PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) that has four business units, namely Bakrie Metal Industries (BMI), Bakrie Building Industries (BBI), Bakrie Autoparts (BA), dan Bakrie Indo Infrastructure (BIIN). The aims of this research were to analyze diversification strategy applied by BNBR, to identify synergies in company, and also to evaluate the role of BNBR as a parent company in improving synergy among business units. In this research, The Author used a qualitative approach. Data obtained through interviews with BNBRtop management, observation, and documentation. This research began by identifying the linkages between BNBR activities with its business units. Then, the research continued by identifying the synergies in the business units using the theory of Goold and Campbell (1998) entitled "Desperately Seeking Synergy" and using strategic fit and resource fit analysis. Furthermore, this research analyzed the role of BNBR as a parent company in building and managing synergies on its business units. The results showed that the diversification strategy applied by BNBR has related activities among its business units. These activities came from operation, finance, procurement, marketing, human resource, and infrastructure. From the measurement of synergy according to the theory of Goold and Campbell (1998), the synergies created are Shared Know-How, Coordinated Strategies, Pooled Negotiating Power, and Shared Tangible Resource. While the results of strategic fit analysis is the creation synergies on single-brand utilization, strategic fit in supply chain activity, and strategic fit in marketing activity. While the results of resource fit analysis created synergies on financial resources and human resource management. BNBR as a strategic holding company, manages and builds synergy among business units by centralizing some activities to BNBR management, such as financing, human resource management, and marketing.
Kata Kunci : strategi korporat, strategi diversifikasi, strategi diversifikasi related, BNBR, strategic holding company, parent company, sinergi, strategic fit, resource fit. / corporate strategic, diversification strategic, related diversification strategic, BNBR, st