Laporkan Masalah

ANALISIS USULAN KONSESI PT. INDONESIA MULTI PURPOSE TERMINAL (IMPT) UNTUK PENGEMBANGAN PELABUHAN BANJARMASIN DAN PENYEDIAAN PELAYANAN JASA TERMINAL APUNG DI WILAYAH PERAIRAN TOBONEO BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN

MOHAMAD WIKY R, I WAYAN NUKA LANTARA, M.Si, Ph.d

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan reviu atas usulan perhitungan konsesi BUP PT. IMPT untuk memperoleh keyakinan yang memadai bahwa metode perhitungan yang digunakan untuk menilai kewajaran jangka waktu konsesi PT. IMPT dan tingkat pengembalian yang akan di terima oleh PT IMPT sebagai badan usaha pelaksana pembagunan dan pengembangan pelabuhan Banjarmasin dan penyediaan pelayanan jasa terminal apung di wilayah perairan Toboneo Kalimantan Selatan telah sesuai dengan metode penghitungan pengembalian investasi yang berlaku umum dalam dunia usaha, serta bebas dari kesalahan aritmatik. Asumsi dan variabel yang digunakan dalam penghitungan jangka waktu konsesi pun dievaluasi agar secara teknis dan empiris dapat dipertanggungjawabkan Melalui 3 skenario pesimis, moderate dan optimis di dapatkan informasi bahwa proyek pengembangan dan pembangunan pelabuhan Banjarmasin mempunyai nilai Net Present Value (NPV) yang negatif dengan Nilai Internal Rate of Return (IRR) sebesar 6,7 % untuk skema pesimis, 7,01 % untuk skema moderat dan 7,28 % untuk skema optimis, NPV proyek masih bernilai negatif walau jangka waktu konsesi di perpanjang menjadi 110 tahun hal ini mengidentifikasikan bahwa proyek pengembangan dan pembangunan Banjarmasin tidak layak secara finansial terkait dengan hal tersebut diperlukan dukungan dari pemerintah untuk pembiayaan sebagian proyek pengembangan dan pembangunan pelabuhan Banjarmasin, dalam model keuangan yang dibuat oleh penulis diperlukan kurang lebih sebesar Rp. 200 Milyar dukungan dana dari pemerintah dari total nilai proyek sebesar Rp. 617.982.619.543 untuk membuat proyek tersebut menjadi layak secara finansial.

This paper aims to review the proposed concession of port company PT. Indonesia Multi Purposed Terminal to obtain reasonable assurance that the method of calculation that being used to assess the fairness of the concession period of PT. IMPT and the rate of return to be received by PT IMPT as the business entity for the development of the Banjarmasin port and the provision of floating terminal services in Toboneo waters of South Kalimantan has been in accordance with the method of calculating the return on investment that are generally accepted in the business world. The assumptions and variables used in calculating the concession period are evaluated for its technically and empirically accountable. Through 3 scenarios pessimistic, moderate and optimistic, it is found that Banjarmasin's port development project has a negative Net Present Value (NPV) value with an Internal Rate of Return (IRR) of 6.7% for pessimistic scheme, 7.01% for the moderate scheme and 7.28% for the optimistic scheme, the NPV of the project is still negative even though the concession period extends to 110 years it identifies that the Banjarmasin Port development project is not financially feasible therefor it required government support for partial financing from the project total capita expenditure, in the financial model created by the author required approximately Rp. 200 billion of government support from the total project value of Rp. 617,982,619,543 to make the project financially feasible.

Kata Kunci : Capital Expenditure (Capex), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Beneffit Cost Ratio (BCR), Debt Service Coverage Ratio (DSCR)