Laporkan Masalah

RENCANA BISNIS TOKO PERLENGKAPAN BAYI BEIBEE SHOP

MEGGIE LAURA SARAGIH, Basu Swastha Dharmmesta, Prof., Dr., M.B.A.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Proyeksi penduduk yang terus meningkat merupakan indikasi adanya pertambahan tingkat kelahiran di Indonesia setiap tahunnya sampai dengan tahun 2035. Peningkatan jumlah kelahiran merupakan salah satu faktor yang menjadikan bisnis toko perlengkapan bayi memiliki potensi karena pertumbuhan dan perkembangan bayi yang begitu cepat mengharuskan orangtua untuk membeli kebutuhan bayi secara terus-menerus. Tidak mudah mencari toko perlengkapan bayi yang menawarkan produk yang lengkap, harga yang bersaing dan pelayanan prima. Jasa sewa perlengkapan dan mainan bayi juga masih jarang ditemui. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan wawanacara mendalam dengan responden yaitu orangtua, toko perlengkapan bayi dan pemasok. Adapun kriteria wawancara untuk orangtua adalah orangtua yang memiliki bayi atau anak di bawah usia tiga tahun. Kriteria untuk kompetitor toko perlengkapan bayi adalah toko perlengkapan bayi yang berada di Bekasi dan Jakarta Timur. Kriteria pemasok adalah distributor produk perlengkapan bayi dan jasa pengiriman barang. Jumlah konsumen sebanyak 10, kompetitor 4 dan 2 pemasok. Bisnis toko perlengkapan bayi cukup menjanjikan karena memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Belum adanya toko perlengkapan bayi yang menawarkan jasa sewa perlengkapan dan mainan bayi sehingga binis ini memiliki peluang positif. Menggunakan tiga skenario penghitungan yaitu optimis, normal dan pesimis maka rata-rata NPV, IRR dan payback period menunjukkan rencana bisnis Beibee Shop layak untuk dilaksanakan.

The increasing projection of the population is an indication of the increase of birth rate in Indonesia every year until 2035. Increasing the number of births is one factor that makes the baby shop business have potential because of the rapid growth and development of babies requiring parents to buy baby needs continuously. It is not easy to find a baby supplies store that offers complete products, competitive prices and excellent service. Rental equipment and baby toys are still rarely encountered. Primary data collection is done by conducting in-depth interviews with the respondents namely parents, baby supplies stores and suppliers. The interview criteria for parents are parents who have babies or children under the age of three. Criteria for baby shop competitor is baby shop which located in Bekasi and East Jakarta. Criteria supplier is distributor of baby products and goods delivery services. Number of consumers as many as 10, 4 competitors and 2 suppliers. The baby shop business is promising because it has a large market share. The absence of a baby shop that offers rental equipment and baby toy, give a positive chance. Using three calculation scenarios, optimistic, normal and pessimistic, the average NPV, IRR and payback period indicate Beibee Shop's business plan is feasible to implement.

Kata Kunci : Rencana Bisnis, Toko Perlengkapan Bayi, Sewa Perlengkapan Bayi, Sewa Mainan Bayi.