SELF-ESTEEM SEBAGAI MEDIATOR ANTARA MATERIALISME DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING
IMA FITRI SHOLICHAH, Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D
2017 | Tesis | S2 PsikologiPerilaku materialisme yang lebih berorientasi pada uang, karir, dan konsumsi barang yang merupakan simbol global menjadi sebuah indikator utama dari kesuksesan, kebahagiaan, dan kepuasan dalam hidup. Adanya perilaku materialisme akan mendorong untuk melakukan pembelian bukan karena kebutuhan tetapi faktor keinginan, gengsi, dan mengikuti gaya orang lain yang memicu turunnya self-esteem. Studi ini bertujuan untuk menguji secara empiris peranan self-esteem sebagai mediator antara materialisme dengan subjective well-being. Penelitian ini menganalisis sebanyak 146 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Subjective Well-Being, Skala Materialisme, dan Skala Self-Esteem. Metode analisis statistik yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dari model mediasi Baron dan Kenny. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peranan self-esteem sebagai mediator antara materialisme dengan subjective well-being (F=32,366, p<0,05) dengan nilai direct effect sebesar -0,916 (p<0,05) dan indirect effect sebesar -0,432 (p<0,05). Materialisme dengan dimediasi oleh self-esteem berperan terhadap subjective well-being sebesar 55,8%.
Money-oriented behavior, career, and goods consumption is a global symbol that has becomes a key indicator of success, happiness, and satisfaction in life. The existence of materialistic behavior will encourage a person's drive to make purchases not because of needs but because of desire, prestige, and to keep up with the style of others that eventually trigger the decline in self-esteem. This study aims to empirically test the role of self-esteem as mediator between materialism with subjective well-being. This study analyzed 146 people. The measuring instrument used is Subjective Well-Being Scale, Materialism Scale, and Self-Esteem Scale. The statistical analysis method used is multiple regression analysis from Baron and Kenny mediation model (1986). The results of this study indicate the role of self-esteem as mediator between materialism with subjective well-being (F = 32,366, p <0,05) with direct effect value of -0,916 (p <0,05) and indirect effect of -0,432 (p <0,05). Materialism with mediated self-esteem contributes to subjective well-being by 55.8%.
Kata Kunci : materialisme, subjective well-being, self-esteem