Efektivitas Komunikasi Organisasi Jajaran Direktorat Medik dan Keperawatan RSUP Nasional Dr.Cipto Mangunkusumo
AISHAYUTA F, Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH., M.Kes., MAS. ; Dr. Retna Siwi Padmawati, MA.
2017 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar Belakang: Untuk mewujudkan visi "Menciptakan Pengalaman Istimewa untuk Semua Melalui Academic Health System", Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dengan menjalankan Akreditasi Joint Commission International (JCI). Standar JCI mewajibkan manajemen rumah sakit untuk menjaga komunikasi internal yang efektif di antara para staf, terutama dalam International Patient Safety Goals (IPSG) 2 dan Governance, Leadership, and Directions (GLD) 3.1. Direktur Medik dan Perawatan RSCM adalah orang yang bertanggungjawab atas semua layanan medis di rumah sakit dan juga bertanggung jawab untuk mengawasi sebagian besar unit di RSCM. Tujuan: Mendapatkan gambaran profil sistem komunikasi internal organisasi serta tingkat efektivitas komunikasi internal organisasi terutama jajaran Direktorat Medik dan Keperawatan RSCM. Metode: Penelitian ini merupakan audit komunikasi dengan menggunakan survei kuisioner dan wawancara untuk memperkaya data hasil survei. Desain penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif. Hasil: Berdasarkan survei Profil Komunikasi Organisasi yang dilakukan kepada 33 orang partisipan diketahui bahwa tingkat manajerial dalam jajaran Direktorat Medik dan Keperawatan (DMK) RSCM memiliki tingkat efektivitas komunikasi yang baik. Hal tersebut disimpulkan dari perhitungan nilai mean yang diperoleh pada Dimensi Iklim Komunikasi yakni 3.14, Dimensi Kepuasan Organisasi sebesar 3.19, serta pada Dimensi Kepuasan Komunikasi sebesar 3.27. Adapun saluran komunikasi atau media yang digunakan dalam komunikasi jajaran DMK RSCM antara lain telepon seluler, surat atau disposisi (hardcopy), tatap muka atau rapat, SMS dan/atau WhatsApp serta surat elektronik (e-mail). Sedangkan media yang digunakan oleh manajemen RSCM untuk memberikan informasi terkait peraturan maupun kebijakan antara lain; surat edaran, pengumuman tertulis (brosur, flyer, spanduk,dll), serta diumumkan langsung dalam rapat. Lebih lanjut pada penilaian Dimensi Budaya Organisasi, 3 (tiga) kategori utama yang muncul adalah kualitas keunggulan, iklim positif, dan motivasi. Kesimpulan: Tingkat efektivitas komunikasi pada level manajerial jajaran DMK RSCM cukup baik dengan nilai mean sebesar 3.20 pada survei Profil Komunikasi Organisasi yang termasuk dalam kategori Efektif. Penelitian dengan jumlah sampel yang lebih besar diperlukan untuk mengidentifikasi tingkat efektivitas komunikasi secara keseluruhan.
Introduction: To accomplish the vision Creating Infinite Experience for All Through the Academic Health System stated, Cipto Mangunkusumo General Hospital (RSCM) committed to provide excellent service by following Joint Commission International (JCI) Accreditation. The JCI standards require hospital management to maintain effective internal communication amongst staffs, especially in International Patient Safety Goals (IPSG) 2 standard and the Governance, Leadership, and Directions (GLD) 3.1 standard. Medical and Nursing Director of RSCM is the person in charge of all medical services in the hospital and also happens to oversees most of unit in RSCM. Aim: To get organizational communication profile of Medical and Nursing Directorate of RSCM and the effectiveness level of organizational communication. Method: This study is a communication audit using questionnaire survey and interview to enrich the survey findings data. Design of this study is analysis using descriptive statistic approach. Results: Based on Organizational Communication Profile survey conducted to 33 participants, the Directorate of Medical and Nursing Cipto Mangunkusumo General Hospital (DMK RSCM) has a good level of communication effectiveness with the following assessment; mean value of Communication Climate Dimension is 3.14, mean value of Organizational Satisfaction Dimension is 3.19, and the mean value of Satisfaction Communication Dimension is 3.27. The communication channels or media used in the communication at DMK RSCM include cell phone, letter or disposition (hardcopy), meeting, SMS and / or WhatsApp Messages as well as e-mail. While the media used by the RSCM management to provide information related to regulations and policies, are circulars, printed announcements (brochures, flyers, banners, etc.), and announced in the meeting. Further on the assessment of the Organizational Cultural Dimension, 3 (three) main categories which emerged are the excellent qualities, positive climate, and motivation. Conclusion: Level of communication effectiveness on the Directorate of Medical and Nursing of RSCM with a mean value of 3.20 is on Effective���¢ category. Research with a larger sample size is needed to identify the overall level of communication effectiveness.
Kata Kunci : Komunikasi organisasi, efektivitas komunikasi, organisasi, organizational communication, effective communication, organization