Laporkan Masalah

EVALUASI STRATEGI PERBANKAN SEGMEN KOMERSIAL MELALUI PENDEKATAN VALUE BASED MANAGEMENT STUDI KASUS PADA BANK MANDIRI COMMERCIAL BANKING CENTER JAKARTA KELAPA GADING

KUSMAN YANDI, SE.,AK, Dr. Hargo Utomo, MBA, M.com

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Commercial Banking Center (CBC) JKG merupakan salah satu dari 8 CBC yang terdapat di bawah Jakarta Commercial Sales Group. Konsep evaluasi implementasi strategi melalui pendekatan Value Based Management (VBM) akan diukur pada Commercial Banking Center (CBC) JKG. Melalui pendekatan tersebut, penelitian ini akan melakukan evaluasi atas implementasi strategi pada CBC JKG untuk melihat bagaimana unit organisasi tersebut menjalankan atau mengimplementasikan strategi perusahaan dan pencapaian kinerja strateginya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder tentang pencapaian kinerja pada CBC JKG.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa (1) Strategi utama yang dijalankan oleh Direktorat Commercial Banking Bank Mandiri merupakan strategi yang terdiri atas empat pilar, yaitu: (a) Strategi Target Pasar; (b) Strategi Product Bundling; (c) Strategi Alliance; dan (d) Strategi Service & Responsiveness.Disusunnya strategi tersebut bertujuan untuk menjadi Dominant Bank in Indonesia, with 20-. 30% market share ini commercial banking. (2) Commercial Banking Center JKG merupakan salah satu unit kerja dari yang menjalankan program kerja dari Direktorat Commercial Banking Bank Mandiri. Program kerja yang harus dijalankan memiliki empat perspektif yaitu: keuangan, pelanggan, proses internal bisnis dan pengembangan SDM. Secara keseluruhan,CBC JKG memiliki kinerja yang baik pada keernpat perspektif di atas, artinya organisasi ini telah merniliki kemarnpuan dalam rnenjalankan program kerja dan berhasil dalam tercapainya kinerja yang ditetapkan. (3) Pencapaian kinerja Bank Mandiri Commercial Banking Center JKG melalui pendekatan VBM diukur dengan rnenggunakan value driver, yaitu: Efficiency drivers, dan Financial driver. Berdasarkan kedua value driver tersebut, CBC JKG rnerniliki pencapaian kinerja yang baik dan melampaui yang ditargetkan, karena indikator yang digunakan sama dengan indikator yang digunakan pada pendekatan keernpat perspektif yang telah dijalankan saat ini.

Commercial Banking Center (CBC) JKG is one of 8 CBCs listed under the Jakarta Commercial Sales Group. The concept of strategy implementation evaluation through Value Based Management (VBM) approach will be measured at Commercial Banking Center (CBC) JKG. Through this approach, this study will evaluate the strategy implementation on CBC JKG to see how the organizational unit operates or implements the company's strategy and achieve its strategic performance. This research uses descriptive qualitative method by using secondary data about achievement of performance at CBC JKG. Based on results of research, it is found that (1) the main strategy run by Commercial Banking Directorate of Bank Mandiri is a strategy consisting of four pillars namely: (a) Target Market Strategy; (b) Product Bundling Strategy; (c) the Alliance Strategy; and (d) Service & Responsiveness Strategy. The drafting of the strategy aims to become a Dominant Bank in Indonesia, with 20-. 30% of this market share being is commercial banking. (2) Commercial Banking Center JKG is one of the working units of the working program of the Commercial Banking Directorate of Bank Mandiri. The work program that must be run has four perspectives: financial, customer, internal process of business and human resource development. Overall, CBC JKG performs well in the above four perspectives, meaning that the organization has had the capability to run the work program and succeed in achieving the stipulated achievement. (3) The performance of Bank Mandiri Commercial Banking Center JKG through VBM approach is measured by using two value drivers, namely: Efficiency drivers, and Financial drivers. Based on both value drivers, CBC JKG has a good performance and exceeds to those targeted, because the indicators used are similar to the indicators used in the approach to the four perspectives that have been executed at this time.

Kata Kunci : Value based management, Value driver