Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT XYZ DI JAKARTA

PUTI LENGGO GINNY, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.,

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Indonesia telah mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 12,3% selama periode 2009 sampai dengan 2014 yang mana salah satu faktor pendorong pertumbuhan ini berasal dari sektor logistik. Didalam perkembangannya, industri transportasi dan logistik diperkirakan akan terus meningkat sehingga mencapai pertumbuhan sebesar 14,8% untuk kurun waktu 2013 sampai dengan 2017. Tingginya tingkat pertumbuhan ini dipastikan akan meningkatkan persaingan dalam merebut pangsa pasar dalam industri logistik. Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang logistik, PT. XYZ mengembangkan unit bisnis baru yang memberikan jasa dalam bidang kurir dan pengiriman dengan tujuan untuk mempertahankan eksistensi dan memperluas pangsa pasar dalam industri logisik. Beberapa kendala ditemukan dalam operasional unit bisnis tersebut baik yang bersifat internal maupun eksternal yang pada akhirnya berakibat tidak bertumbuhnya kontribusi laba terhadap perusahaan induk PT. XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing pada PT. XYZ dengan melakukan analisis faktor internal dan faktor eksternal dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui in depth interview. Sumber daya, kapabilitas dan kompetensi inti digunakan sebagai analisis faktor internal dan analisis lingkungan makro dan Porter's Five Forces untuk analisis faktor eksternal. Disamping itu, penelitian ini akan memberikan rekomendasi dalam memformulasikan strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan guna memenangkan kompetisi dalam industri logistik dengan menggunakan analisis SWOT dan strategi generik. Hasil yang diperoleh dari analisis yang dilakukan yaitu PT. XYZ memiliki peluang dan ancaman yang relatif cukup besar dalam industri logistik dan beberapa kekuatan dan kelemahan pada sisi internal yang harus ditinjau kembali oleh perusahaan. Oleh karena itu, rekomendasi strategi yang tepat bagi perusahaan yaitu strategi fokus pada diferensiasi, menentukan target pasar yang lebih spesifik dalam pengembangan bisnis yang ada, menetapkan geografis dalam kegiatan operasional, memiliki asset yang cukup dan memadai untuk menunjang kegiatan operasional dan pemanfaatan yang optimal atas pengalaman dan reputasi perusahaan di dalam industri logistik. Kata kunci : Industri Logistik, Deskriptif Kualitatif, Strategi Bersaing dan Strategi Fokus diferensiasi

During 2009 to 2014, Indonesia has recorded 12,3% for economic growth which is one of these growth drivers are from the logistic sector. These significant economic growth will be expected continue to increase of 14,8% in period 2013 until 2017. Recently PT. XYZ, a logistic state-owned company, has developed a new business unit that giving the services in courier delivery services with purposing to maintain existency and enlarge market share on logistic industry. Unfortunately in progresing, these new unit business has been found several contsraints both of internal and external. Those constraints has impacted to company which is shown there is no profit contribution to company as seen on consolidation financial statement. Aim of this research is to analyze the competitive strategy at PT.XYZ by performing internal and external factor analysis using qualitity descriptive method through in depth interview. Internal factor analysis are performed by using resources, capabilities and core competencies, meanwhile macro environment analysis and Porter's Five Forces are for external factor analysis. This research will provide the recommendations in formulating the right competitive strategy to PT. XYZ for winning the competition on logistic industry by using SWOT and generic strategy. The results of this research have shown that there are opportunities and threats in logistics industry and also some of the strengths and weaknesses internal that should be reviewed by PT. XYZ. Therefore, this research recommends a strategy focus on differentiation, determining more specific market targets in the development of existing businesses, geographical setting in operational activities, having adequate and sufficient assets to support operational activities and optimalizing utilization of the company's experience and reputation in the logistics industry for PT. XYZ as the right competitive strategy to implement. Key Words : Logistic Industry, Qualitative Descriptive, Competitive Strategy and Strategy Focus on Differentation

Kata Kunci : Industri Logistik, Deskriptif Kualitatif, Strategi Bersaing dan Strategi Fokus diferensiasi

  1. S2-2017-387307-abstract.pdf  
  2. S2-2017-387307-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-387307-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-387307-title.pdf