FORMULASI STRATEGI DEPARTEMEN FEED PT XYZ DALAM RANGKA PENYEHATAN KINERJA DI INDUSTRI SUPLAI BAHAN BAKU KIMIA INDONESIA
ARI WIBAWANTI, Prof. Mahfud Solihin Ph.D
2013 | Tesis | S2 ManajemenINTISARI PT. XYZ adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak dibidang jasa penjualan bahan baku kimia. Memiliki kantor Pusat di Bangkok, Thailand, perusahaan ini telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun. Secara Regional, perusahaan ini memiliki 6 regional network yang tersebar di wilayah asia tenggara. Tujuan penelitian pada thesis yang dilakukan adalah untuk mengidentifikasi posisi departemen pakan ternak pada PT.XYZ pada industri suplai bahan baku kimia industri pakan ternak di Indonesia dan mengidentifikasi formulasi strategi yang tepat yang perlu dilakukan oleh oleh PT. XYZ dalam persaingan pada industri pakan ternak di Indonesia. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan data primer yang bersumber dari internal perusahaan dan data sekunder yang berasal dari publikasi yang terkait dengan industri pakan ternak. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode manajemen strategic yaitu Model Formulasi Strategi David yang terdiri dari tiga stage yaitu input stage, matching stage, dan decision stage. Untuk input stage digunakan analisis external factor, internal factor, competitive profile matrix, EFE matrix, dan IFE matrix. Untuk matching stage digunakan analisis dengan TOWS matrix dan internal external matrix. Selanjutnya pada decision stage digunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil formulasi strategi dengan menggunakan pemetaan Matriks Internal Eksternal, diketahui bahwa PT. XYZ berada pada sel V dengan strategi yang paling sesuai adalah penggunaan strategi yang mengarah pada strategi hold and maintain. Dari matrix QSPM diketahui bahwa strategi utama yang bisa dipilih adalah strategi akusisi dan eksplorasi untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Disamping itu dua alternatif strategi yang cukup menarik untuk dilakukan adalah melakukan fokus pada regional supply chain management sebagai bisnis proses utama dan melakukan eksplorasi mixing dan blending dengan menggunakan merek sendiri dengan memanfaatkan kapasitas bisnis secara regional.
PT. XYZ is a multinational company engaged in sales of chemical raw materials. The company has been operating for over 30 years and has its headquarters in Bangkok Thailand. The company has 6 regional networks that are spread throughout southeast asia. The purpose of research is to identify the position of feed department of PT. XYZ in feed industry in Indonesia and identify formulation of alternative strategies that need to be chosen by company in the feed industry competition in Indonesia. The method of data collection is primary data from company internal source and secondary data from feed industry publications. The research was conducted using David strategy formulation model which consists of three stages. The stages are input stage, matching stage, and decision stage. External factor analysis, internal factor analysis, competitive profile matrix, EFE matrix, and IFE matrix are used in input stage. TOWS matrix and internal external matrix (IE) are used in matching stage. Finally QSPM matrix analysis is used in decision stage. Based on the results of the mapping strategy formulation using Internal External Matrix, it is known that PT. XYZ position is in cell V with the most appropriate strategy is hold and maintain strategies. Based on QSPM matrix analysis, the main strategy to increase competitive advantage is acquisition and exploration strategy. In addition to the main strategy, there are two alternative strategies interesting for the company. The first strategy is focus on supply chain management as a major business process and the second strategy is exploration of mixing and blending using its own brand by utilizing the capacity of regional business.
Kata Kunci : Kata kunci: IFE Matrix, EFE Matrix, External Factor, Internal Factor, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)