Laporkan Masalah

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Turnover Intention Karyawan Call Center pada Bank Kerjasama

SELY DWIYANI, Dr. Claudius Budi Santoso M.Bus

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Bank Kerjasama Indonesia merupakan cabang dari Bank Kerjasama yang berkantor pusat di New York Amerika Serikat. Bank Kerjasama merupakan salah satu Bank Asing yang beroperasi di Indonesia yang mulai berdiri semenjak tahun 1918. Layanan call center Bank Kerjasama sudah mulai beroperasi semenjak tahun 1994 dan menjadi salah satu pelopor layanan call center pada perusahaan lainnya khususnya di bidang perbankan Jenis penelitian ini menggunakan model pengukuran kuantatif dan kualitatif, yaitu dengan kuisioner dan didukung dengan wawancara mengenai kepuasan kerja, beban kerja, sistem kompensasi, dan pengaruh supervisor atau atasan langsung. Data yang digunakan berasal dari data internal Bank Kerjasama yaitu exit check list dan laporan data karyawan yang mengundurkan diri selama periode 2016, data eksternal didapat melalui penyebaran kuesioner dan wawancara kepada mantan karyawan call center Bank Kerjasama. Penelitian ini membuktikan bahwa variabel beban kerja sebagai penyebab dari turnover intention sedangkan variabel kepuasan kerja, kompensasi dan kepemimpinan tidak terbukti berpengaruh signifikan.

Kerjasama Bank of Indonesia is one of Kerjasama Bank branch head quartered in New York. Kerjasama Bank is one of the foreign bank operating in Indonesia which began since 1918. Call center services of Kerjasama Bank has started operating since 1994 and became one of the pioneer call center services in other companies, especially in banking industry. This type of research uses quantitative and qualitative measurement models with questionnaires and supported by interviews on job satisfaction, work overload, compensation, and the influence of supervisors or direct supervisors. The data used are derived from internal data of Kerjasama Bank that is exit check list and employee data report that resign during period 2016, external data obtained through questionnaires and interview spread to former employees of call center Kerjasama Bank. This research proves that work overload variable as the cause of turnover intention whereas job satisfaction, compensation, and supervisory variable are not proved to have significant effect.

Kata Kunci : faktor-faktor yang mempengaruhi turnover intention,factors that influence turnover intention