STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA KEMBANG ARUM KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN
ADISTI PUSPITA NINGTYAS, Prof. Dr. Ir. Irham, M.Sc
2017 | Skripsi | S1 SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (AGROBISNIS)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) kinerja manajemen desa wisata Kembang Arum, (2) kualitas desa wisata Kembang Arum, (3) kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman apa saja yang terdapat di desa wisata Kembang Arum, dan (4) merumuskan alternatif strategi pengembangan yang tepat di desa wisata Kembang Arum. Penelitian dilatarbelakangi meningkatnya antusias wisatawan berkunjung ke desa wisata, sehingga muncul persaingan untuk meningkatkan kinerja manajemen dan kualitas desa wisata, serta menerapkan strategi pengembangan yang tepat. Data yang digunakan yaitu data primer dengan jumlah responden 50 orang, dan data sekunder yang diperoleh dari jurnal penelitian dan arsip dari pengelola desa wisata. Pembobotan butir jawaban responden dalam bentuk skala Likert. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas untuk mengukur ketepatan suatu variabel menjelaskan konsep; uji reliabilitas untuk menguji keakuratan kuesioner; dan SWOT untuk merumuskan strategi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) capaian kinerja manajemen desa wisata Kembang Arum adalah 77,12%, tergolong dalam kategori baik, (2) capaian kualitas desa wisata Kembang Arum adalah 84,78%, tergolong dalam kategori sangat baik, (3) pada faktor internal, skor kekuatan lebih besar daripada skor kelemahan dan pada faktor eksternal, skor peluang lebih besar daripada skor ancaman, sehingga masuk dalam kategori strategi SO, (4) alternatif strategi yang dapat dilakukan desa wisata Kembang Arum adalah : a. meningkatkan kualitas SDM dan kinerja struktur organisasi dengan melakukan inovasi-inovasi baru kegiatan dan daya tarik wisata yang dimiliki desa wisata Kembang Arum agar semakin berkembang dan diminati masyarakat; b. pengelola menambah variasi produk penunjang wisata asli buatan masyarakat sekitar untuk meningkatkan kegiatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat; c. pengelola meningkatkan kerjasama dengan Perguruan Tinggi atau Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sebagai mitra masyarakat dan Pemerintah demi kemajuan desa wisata Kembang Arum; d. pengelola meningkatkan promosi/pemasaran desa wisata Kembang Arum dengan mengikuti kemajuan teknologi yang terus mengalami perkembangan; e. mengembangkan potensi dan daya tarik wisata yang dimiliki desa wisata Kembang Arum agar semakin diminati masyarakat.
The research aims to analyze : (1) the performance of the village tourism management Kembang Arum, (2) the quality of Kembang Arum tourist village, (3) the strengths, weaknesses, opportunities and threats that are found in the tourist village of Kembang Arum, and (4) formulate an appropriate development strategy alternative in the tourist village of Kembang Arum. The research is motivated by the increasingly enthusiastic of tourists visiting tourist village, so that emerge competition to improve management performance and quality of tourist village, and apply appropriate development strategy. The data that used are primary data with the number of respondents 50 people, and secondary data obtained from research journals and archives from the village tour manager. The answers of respondents were weighting by used Likert scale. The methods used in this research are validity test to measure the accuracy of a variable in explaining a concept; reliability tests to measure the accuracy of the questioner; and SWOT to formulate the right strategy. The results of this research showed that (1) the achievement of the management of Kembang Arum tourism village is 77.12%, belong to good category, (2) the achievement of the tourism village of Kembang Arum is 84.78%, classified as very good, (3) on internal factors, the strength score is greater than the weakness score and on the external factors, the opportunity score is greater than the threat score, thus falling into the SO strategy category, (4) alternative strategies that can be done Kembang Arum tourist village are: a. improve the quality of human resources and the performance of the organizational structure by making new innovations activities and tourist attraction owned tourist village Kembang Arum in order to grow and attract the public; b. managers add variety of original tourism products made by surrounding communities to improve economic activities and community welfare; c. managers improve cooperation with universities or research institutes and community service as community partners and Government for the progress of tourist village Kembang Arum; d. managers increase promotion / marketing of tourist village Kembang Arum by following the progress of technology that continues to develop; e. develop the potential and tourist attraction of the tourist village of Kembang Arum in order to increasingly interested people.
Kata Kunci : kinerja manajemen, kualitas desa wisata, SWOT