Laporkan Masalah

Perencanaan Ulang Struktur Atas Jembatan Sungai Wanggu Kendari Menggunakan Sistem Jembatan Pelengkung Baja

NARKO KURNIAWAN, Ashar Saputra, S.T., M.T., Ph.D.

2017 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPIL

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di kawasan Asia Tenggara. Pembangunan infrastruktur semakin giat dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah pembangunan jembatan. Jembatan Sungai Wanggu yang dibangun melintasi Sungai Wanggu Kendari bertujuan untuk menghubungkan dua kawasan padat penduduk. Dalam pelaksanaannya di lapangan, metode pengerjaan yang digunakan berupa pengecoran di tempat, sehingga membutuhkan waktu pembangunan yang relatif lama. Dalam penelitian ini, penulis bertujuan untuk melakukan perencanaan ulang Jembatan Wanggu menggunakan struktur baja dengan tipe pelengkung. Dasar perencanaan pembebanan yang digunakan mengacu pada SNI 1725-2016 dan untuk perencanaan struktur baja digunakan RSNI T-03-2005. Analisis dilakukan dengan bantuan program Microsoft Excel 2013 dan Modeling Integrated Design and Analysis Structure Civil 2011. Sambungan antar elemen jembatan didesain dengan menggunakan sambungan tipe baut. Perancangan jembatan pelengkung ini diharapkan dapat memberi alternatif desain untuk masa mendatang. Berdasarkan hasil perencanaan, dapat disimpulkan struktur atas jembatan aman terhadap gaya yang bekerja. Dengan profil terbesar berupa profil busur yaitu Boks 720.400.30.30. Dimensi dan penulangan pelat lantai rencana yang digunakan juga masih mampu menahan beban yang bekerja. Adapun berat sendiri struktur sebesar 5.611,87 kN, ini lebih kecil dibandingkan dengan berat eksisting jembatan yaitu sebesar 15.678,62 kN.

Indonesia is one of the developing countries in Southeast Asia. Infrastructure development is becoming more active by the government, one of which is the bridge construction. The Wanggu River Bridge built across the Wanggu River in Kendari aims to connect two densely populated areas. For implementation in the field, the construction method that used cast in place method, so it takes a long development time. In this study, the author aims to redesign the Wanggu River Bridge using steel arch bridge system. The codes for load case used refers to SNI 1725-2016 and for steel bridge design used RSNI T-03-2005. The analysis is done by using Microsoft Excel 2013 and Integrated Design Modeling and Analysis Structure Civil 2011 software. The connection of bridge elements is designed by using a bolt type connection. The design of the arch bridge is expected to provide an alternative design for the future. Based on the planning results, it can be concluded the bridge is safe from the service load. With the biggest profile is arch beam that used Box 720.400.30.30. Dimensions and reinforcement of the floor plates are also still able to withstand the working load. The self weight of the bridge upper structure is 5,611.87 kN, this is smaller than the existing bridge self weight is 15,678.62 kN.

Kata Kunci : Arch bridge, MIDAS Civil 2011, composite beam, box profile