Hambatan Adaptasi dan Interaksi Sosial Mahasiswa Australia dalam Menempuh Pendidikan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
ARINDA FITA FATIMAH, Drs. Andreas Soeroro, M.S
2017 | Skripsi | S1 SOSIOLOGIBerbagai universitas, termasuk Universitas Gadjah Mada banyak mencoba meningkatkan nilai kredibilitasnya dalam bidang internasional dengan menjalin kerjasama internasional termasuk melalui pembukaan peluang masuknya mahasiswa asing. Itu mengapa, studi mengenai mahasiswa asing semakin penting. Mahasiswa asing yang memasuki lingkungan baru, membutuhkan berbagai orientasi agar dapat mengenal lingkungannya. Hal tersebut menjadikan mahasiswa asing memiliki berbagai masalah khusus karena keterasingannya dalam lingkungan baru. Setiap mahasiswa memiliki pengalaman yang berbeda dalam menyikapi permasalahan yang kerap muncul terkait faktor interaksi dan adaptasi. Faktor tersebut dinilai memiliki peran yang penting karena berimplikasi secara besar terhadap kehidupan baru mahasiswa asing seperti kepemilikan relasi hingga keberhasilan studi. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, penelitian ini membahas bagaimana mahasiswa asing berinteraksi dan beradaptasi dalam sebuah lingkungan barunya. Penelitian ini dilakukan dengan memilih mahasiswa asing asal Australia sebagai fokus kajian penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan juga wawancara mendalam bersama 10 perwakilan mahasiswa Australia yang sedang menempuh program pertukaran pelajar di UGM bersama program ACICIS. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisa data ialah teori sosialisasi dan konstruksi sosial. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa proses adaptasi sangat erat kaitannya dengan proses interaksi dan soisalisasi dalam lingkungan sosial. Lingkungan sosial banyak berpengaruh seperti membantu memberikan dorongan dan bantuan terkait proses adaptasi. Mahasiswa Australia penting untuk mengenal lingkungan sosialnya karena jika tidak, hal tersebut membuat mahasiswa Australia sulit mendapatkan pembelajaran terkait bagaimana seharusnya adaptasi dilakukan. Kemampuan bahasa juga menjadi suatu faktor penting dalam berinteraksi dan beradaptasi. Setiap masalah atau hambatan dalam beradaptasi, dapat ditanggulangi jika mahasiswa Australia dapat mengenal lingkungan sosialnya dengan baik.
The universities, including the Universitas Gadjah Mada trying to increase the value of it is credibility in the international field by establishing an international collaboration through program of a foreign student entry opportunities. That is why the study of foreign students is increasingly important. Foreign students who enter the new environment require various orientations in order to learn its environment and if they do not get the orientations, the foreign students have a variety of special problems because of isolation in the new environment. Each student had a different experience in addressing the problems that often arise relating to interaction and adaptation factors. These factors are considered to have an important role because they have implications on the lives of large new foreign students such as ownership relation to the success of the study. By using qualitative methods-descriptive this research discusses how foreign students interact and adapt to a new environment. This research was conducted by selecting foreign students from Australia as the focus of the research study. Methods of data collection was done by observation, documentation and in-depth interview along with 10 representatives of Australian students who are taking the student exchange program at UGM in ACICIS program. The theories used to analyze the data are the theory of socialization and social construction. The results of this study indicate that the process of adaptation is closely associated with the process of interaction and socialization in a social environment. Many influential social environment such as helping provide encouragement and help with the adaptation process. It is important to know the social environment because it makes it difficult to understand how Australian student-related learning adaptation should be done. Language skills become an important factor in the interacting and adapting. Any problems or obstacles in adaptation can be overcome if Australian students can get to know the social environment well.
Kata Kunci : Adaptasi, Interaksi Sosial, Mahasiswa Asing, Mahasiswa Australia, Lingkungan Sosial