Studi Kasus Manajemen Produksi Pesan Visual Dikelola oleh Kampung Halaman dalam Desain Poster Gerakan Remaja Selamat Pagi
DHANDY SATRIA JATMIKANTO, Dr. Muhamad Sulhan, S.I.P., M.Si.
2017 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIABSTRAKSI Di Yogyakarta Utara terdapat sebuah Yayasan yang bergerak di bidang remaja dan anak-anak, Yayasan tersebut bernama Kampung Halaman. Yayasan yang berumur 11 tahun ini mempunyai sebuah program bernama Selamat Pagi dimana program ini adalah program perpanjangan tangan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat umum untuk mengetahui kampanye soal gerakan keremajaan yang diangkat oleh Yayasan Kampung Halaman. Memanfaatkan jaringan internet yang serba mudah diakses di perkotaan, Yayasan Kampung Halaman mengeluarkan pesan visual berupa poster untuk mengajak masyarakat umum datang ke sebuah program yang selalu digelar di hari minggu pagi hari setiap dua bulan sekali, program ini bernama Selamat Pagi atau disingkat SP. Selain mengemas sebuah kampanye sosial bertema remaja kedalam sebuah poster, Selamat Pagi memang dengan sengaja dikonsep untuk didatangi masyarakat umum, sehingga sinergi konsep desain yang tidak melulu tentang remaja harus mampu dijadikan ujung tombak untuk menarik masyarakat umum untuk datang ke program ini. Dengan pengertian tersebut peneliti menilai perlunya ada tinjauan khusus mengenai manajemen proses produksi pesan visual dalam bentuk poster dalam program Selamat Pagi. Hal ini disebabkan adanya tujuan untuk menggunakan Selamat Pagi sebagai media untuk meluaskan jaringan dan pengetahuan tentang gerakan remaja yang diusung oleh program-program lain yang ada di Yayasan Kampung Halaman kepada masyarakat umum agar masyarakat turut peduli dengan isu keremajaan dan anak-anak yang berkembang di Yogyakarta. Kata kunci: proses produksi pesan visual, kampanye sosial.
ABSTRACT In North Yogyakarta there is an organization named Yayasan Kampung Halaman that talk about a child campaign. This organization is founded in 2006, and consist of many program, one of the program is called Selamat Pagi. Selamat Pagi is one of the si program that function as an agent that invite the society to have a knowlegde about child issue. Utilize the easy access of internet in urban areas of Yogyakarta, Yayasan Kampung Halaman produce the poster thatinvite the society to come and take a part in a program that held in every Sunday one in a two month, this program called Selamat Pagi Beside of making a content about social campaign in a poster, Selamat Pagi is one of the six program that targetting all ages and society, so the designer must create a poster in a proper way. This is because the poster is an important content that decide the public issue about a social campaign. From this fact, the researcher feel the production of visual content (poster) need to be reviewed to be the root of the whole Selamat Pagi program. This is a consequences of the main issue that Yayasan Selamat Pagi assume the Selamat Pagi is one of the six program that take a part as an agent for inviting a society to have a knownledge of teenagers campaign. Keyword: production of visual content, social campaign
Kata Kunci : proses produksi pesan visual, kampanye sosial, production of visual content, social campaign